Jumat, 03 Februari 2023
Peristiwa Daerah

Lapas Overload, Kemenkumham Jatim Gencarkan Program Pendidikan Kemandirian

profile
vebri

18 Januari 2023 20:07

1.3k dilihat
Lapas Overload, Kemenkumham Jatim Gencarkan Program Pendidikan Kemandirian
Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Imam Jauhari (tengah) saat kunjungan ke Lapas Klas 2 Kediri, Rabu (18/1/2023).

KEDIRI - Lembaga Permasyarakatan di Jawa Timur saat ini sudah overload. Jumlah narapidana mencapai 29 ribu, yang tersebar di 39 lembaga pemasyarakatan (lapas).

Data tersebut disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Imam Jauhari saat kunjungan kerja ke Lapas kelas 2A Kediri, Rabu (18/1/2023).

Menurut Imam Jauhari, overload penghuni lapas di Jatim itu menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi Kemenkumham Jatim. Salah satunya seperti di lapas Kediri, yang saat ini dihuni 863 warga binaan.

Padahal, kata Imam, kapasitas lapas kelas 2A Kediri hanya mampu menampung 350 orang. "Ini memang menjadi ujian bagi seluruh lapas dan harus ada solusi," ujarnya.

Imam menambahkan, kapasitas yang overload itu juga berbahaya dan dapat menimbulkan gesekan antar warga binaan.

Untuk itu, peran kepala lapas sangat penting untuk mencari solusi agar gesekan tidak terjadi. Oleh karena itu, program pendidikan kemandirian sangat dibutuhkan di dalam lapas.

"Dengan begitu mereka (warga binaan) tidak macam-macam karena jam 7 sudah masuk bengkel untuk kerja dan tidak ada pikiran lari atau konsumsi obat terlarang," imbuhnya.

Tidak kalah penting, kata dia, program penguatan iman dan taqwa serta peningkatan SDM juga diperlukan di dalam lapas, sehingga hal-hal negatif di dalam lapas dapat terhindarkan. (A.Budianto)

Editor: Vebriansyah

Tags
Anda Sedang Membaca:

Lapas Overload, Kemenkumham Jatim Gencarkan Program Pendidikan Kemandirian

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT