Senin, 27 Juni 2022
Peristiwa Daerah

LBSI Soroti Dugaan Proyek Siluman di Sungai Bondoyudo

profile
Achmad

09 Juni 2022 09:47

238 dilihat
LBSI Soroti Dugaan Proyek Siluman di Sungai Bondoyudo
Pekerjaan pengerukan sungai Bondoyudo tanpa papan nama pekerjaan

LUMAJANG - Diduga proyek siluman, pekerjaan pengerukan sungai Bondoyudo disorot Lembaga Swadaya Masyarakat Lumajang Bergerak Satu Indonesia (LSM LBSI) Kabupetan Lumajang.

Menurut Ketua LSM LBSI Kabupaten Lumajang, Hari, pihaknya tidak melihat adanya papan nama dari sebuah proyek di aliran sungai Bondoyudo tersebut.

"Saya mencari papan nama mulai dari daerah Banyuputih Kidul tidak tampak adanya papan nama sebuah proyek, kan sama dengan proyek siluman," katanya kepada media ini, Rabu (8/6/2022).

Dan kalau melihat hasil pekerjaan tersebut, kata Hari sangat disayangkan, karena diduga tidak mematuhi aturan yang ditetapkan.

"Kalau dilihat, pekerjaan ini sudah menyalahi aturan Keamanan, Keselamatan dan Kesehatan yang lebih sering di sebut K3," ujarnya lagi.

Menurut salah seorang kontraktor, sebut saja SD, timbunan galian sungai itu idealnya tidak boleh menumpuk sampai volumenya banyak dan panjangnya melebihi 20 meteran.

"Kalau itu sudah melanggar K3 mas, sebab tidak memasang ketentuan yang diatur dalam KE, seperti tidak ada rambu-rambu," terangnya.

Selain itu, kata SD, timbunan pada pekerjaan tersebut sudah bisa dikatakan overload dan bisa membahayakan pengendara, baik roda dua atau roda empat.

"Secara ideal ada timbunan tidak ada masalah, namun jangan sampai masuk ke jalan, dan panjangnya tidak lebih dari 20 meter," pungkasnya.

Editor : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

LBSI Soroti Dugaan Proyek Siluman di Sungai Bondoyudo

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT