Kamis, 11 Agustus 2022
Peristiwa Daerah

Lengan Kanan Karyawan PG Asembagus Situbondo Putus Tergilas Mesin

profile
Sarwo

14 Juli 2022 21:42

5.4k dilihat
Lengan Kanan Karyawan PG Asembagus Situbondo Putus Tergilas Mesin
Anggota Polsek Asembagus bersama tim Inafis Polres Situbondo saat melakukan olah TKP (SJP)

SITUBONDO - Edi Susanto (39), karyawan Pabrik Gula (PG) Asembagus, Situbondo, lengan tangan kanannya, setelah tergilas  mesin pembersih ampas dari penggilingan Convayer.

Saat bekerja pria asal Kampung Krajan Barat, Desa Gudang, Kecamatan Asembagus, Situbondo ini, lengan tangan kanannya tergilas mesin hingga putus, korban Edi Susanto harus dirujuk ke RS Elizabeth Situbondo, setelah sebelumnya sempat dirawat di IGD RSU Asembagus, Situbondo.

Sumber data yang diperoleh, kecelakaan kerja yang dialami oleh korban Edi Susanto salah satu operator Convayer itu, berawal saat korban sedang mencoba membantu membersihkan ampas, yang seharusnya dilakukan oleh ahlinya (Maintinance).

Namun karena bukan bidangnya, saat mencoba ikut membersihkan ampas tersebut, diduga korban terpeleset sehingga tangan kanannya masuk mesin dan tergilas. Akibat peristiwa itu, Selain lengan kanannya putus, disekitar lokasi kejadian juga terdapat ceceran dan bercak darah segar.

Dalam kondisi sadar, dengan menggunakan HT yang dipegang, korban menghubungi operator lain dan memberitahukan bahwa dirinya mengalami kecelakaan kerja.

Setelah menerima informasi dan tiba dilokasi tersebut, operator lain mendapati korban sudah terkapar dan berteriak minta tolong. 

Sejumlah karyawan PG lainnya langsung mengevakuasi korban dan membawanya ke IGD RSU Asembagus, untuk mendapat pertolongan medis. Guna mendapat perawatan lebih lanjut, selang beberapa jam kemudian korban di rujuk ke RS Elizabeth Situbondo.

Humas PG Asembagus Bimo, ketika di konfirmasi melalui telephon selulernya membenarkan peristiwa kecelakaan kerja yang menimpa salah satu karyawan PG Asembagus. Namun dirinya tidak banyak memberikan komentar. Karena dirinya sedang berada dalam perjalan.

“Iya benar, korban adalah karyawan di bagian Vender. Mungkin, korban terpeleset hingga tangannya tergilas. Saat ini korban sudah di rawat di RS Elisabheth Kondisinya membaik, tapi tangannya patah. Maaf saya tidak bisa banyak komentar, ini lagi nyopir mobil. Besok ke kantor saja mas,”tutur Bimo singkat.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Situbondo AKP Dedhi Ardi mengatakan, setelah mendapat informasi salah seorang karyawan  PG Asembagus mengalami kecelakaan kerja, anggota Polsek Asembagus bersama tim Inafis Polres Situbondo langsung mendatangi lokasi kejadian.

"Berdasarkan keterangan sejumlah saksi, korban mengalami kecelakaan kerja, saat korban yang bertugas sebagai operator membersihkan mesin convayer. Saat ini, korban dirawat di RS Elizabeth Situbondo,"kata AKP Dedhi Ardi. (Sarwo)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Lengan Kanan Karyawan PG Asembagus Situbondo Putus Tergilas Mesin

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT