Kamis, 11 Agustus 2022
Peristiwa Daerah

Lihat Letupan Terbakar di Atap JSG, Warga Jember Sempat Panik

profile
Rochul

26 Juni 2022 10:56

417 dilihat
Lihat Letupan Terbakar di Atap JSG, Warga Jember Sempat Panik
Selongsong petasan terbakar di lokasi. (SJP)

JEMBER - Acara opening ceremony Porprov VII Jawa Timur yang digelar di Stadion Jember Sport Garden (JSG), Sabtu malam, 26 Juni 2022, sempat membuat panik warga. 

Pasalnya setelah acara selesai dan para penonton berduyun-duyun pulang dari stadion. 

Tampak dari kejauhan, bangunan Stadion JSG tepatnya bagian Atap Tribun sebelah timur ada titik api diduga kebakaran dan itu juga menjadi ribuan pasang mata melihat.

Titik api tersebut diketahui warga sekitar, yang bertempat tinggal tidak jauh dari lokasi stadion JSG.

"Itu ada titik api tadi mas, kelihatan kecil kalau dilihat. Karena kan atap tribun itu tinggi sekali. Tapi saya yakin kebakaran," kata salah seorang warga sekitar bernama Angga.

Kata Angga, titik api diduga kebakaran atap JSG, diketahui sekitar pukul 01.40 WIB, Minggu (26/6/2022) dini hari tadi.

"Karena khawatir benar ada kebakaran, tadi saya bersama warga lapor ke petugas Damkar yang masih ada di JSG," ucapnya.

Sementara itu, menerima laporan warga. Danru B Pos Damkar dan Penyelamatan Ambulu  Pemkab Jember M. Buhar, langsung mengecek lokasi atap tribun JSG yang diduga terbakar, bersama 5 orang personelnya.

"Memang kelihatan dari jauh, kalau dari bawah tidak terlihat. Titik api tepatnya ada di Tribun JSG sebelah timur, atap yang bagian utara, posisi titik api kurang lebih di ketinggian 50 meter. Pas belakangnya panggung utama acara opening ceremony Porprov," ujarnya.

Sebagai langkah antisipasi agar api tidak menyebar, petugas damkar pun langsung menuju lokasi titik api dengan berusaha memanjat menggunakan tangga.

"Kami juga dibantu petugas yang tanggung jawab soal panggung acara. Setelah sampai di atas, Alhamdulillah ternyata yang terbakar hanya selongsong bekas petasan yang belum meledak saat acara opening ceremony Porprov itu. Baru meledak dan terbakar saat di atap tribun itu," ujarnya.

Selanjutnya, kata Buhar, petugas berusaha memadamkan api.

"Proses pemadaman butuh waktu kurang lebih 30 menit. Karena menjangkau titik api anggota kami harus memanjat. Pemadaman memakai Water Cannon dari truk damkar, disemprotkan dari luar stadion. Kemudian dari dalam gelar selang, disemprotkan air diarahkan ke titik api," ujarnya.

Dari kebakaran selongsong petasan itu, kata Buhar, beruntung tidak sampai menyebabkan kebakaran dam merusak bagian atap tribun.

"Alhamdulillah aman, yang terbakar hanya selongsong itu. Kalau dari pengecekan kami, atap tribun JSG aman. Tidak ada yang terbakar atau merusak atap JSG. Tapi karena kondisi gelap, dini hari. Besok pagi akan dicek dan dipastikan. Saat ini rawan karena kondisi malam," ujarnya.(Lum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Lihat Letupan Terbakar di Atap JSG, Warga Jember Sempat Panik

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT