Minggu, 22 Mei 2022
Peristiwa Daerah

Mahasiswa Lanjut Aksi, DPRD Jember Pastikan Tuntutan Mahasiswa Sudah Sampai di Senayan

profile
Rochul

16 April 2022 15:31

434 dilihat
Mahasiswa Lanjut Aksi, DPRD Jember Pastikan Tuntutan Mahasiswa Sudah Sampai di Senayan
Mahasiswa saat gelar aksi turun ke jalan.

JEMBER - Belasan mahasiswa dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Jember menggelar aksi unjuk rasa di depan Bundaran DPRD Jember, Sabtu (16/4/2022).

Meskipun hanya berjumlah belasan orang. Dalam aksi unjuk rasa mahasiswa yang dimulai sekitar pukul 9 pagi itu. Juga dilakukan penyampaian orasi dan beberapa tuntutan.

Diantaranya menurunkan harga BBM, turunkan harga bahan pokok, dan tolak perpanjangan masa jabatan presiden RI.

Orasi dan tuntutan belasan mahasiswa itu, disampaikan bergantian. Dari atas kendaraan komando, dan motor roda tiga.

"Kami dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Indonesia cabang Jember mewakili masyarakat Jember, memahami segala keresahan dan kebijakan ngawur dari pemerintah," kata Korlap Aksi dan Ketua PD KAMMI Jember Imad Aqil.


Menurut Imad, pemerintah mengambil dan melakukan kebijakan. Namun dinilai menyengsarakan rakyat.

"Karena pemerintah hari ini memberikan kebijakan yang berdampak tidak baik bagi masyarakat. Sehingga kami memiliki tuntutan untuk menolak PPN 11 persen, turunkan HET minyak goreng dan usut mafia minyak goreng, turunkan harga sembako, buat regulasi jelas soal BBM dan pastikan pasokan minyak subsidi yang mengacu pada kesejahteraan masyarakat," tegasnya.

"Kami juga mendesak pemerintah, untuk penuhi kebutuhan masyarakat terutama DPRD Jember yang harus menjadi perwakilan partai politik dengan menolak tegas soal perubahan konstitusi, stop IKN dan fokus kepada Pandemi. Agar bisa pulih dan kesehatan masyarakat membaik apalagi sesuai dengan nilai-nilai reformasi," sambungnya.

Imad juga menegaskan, agar pihak-pihak yang menimbulkan kontroversi atas segala kebijakan. Untuk ditindak secara tegas.

"Apalagi oknum di jajaran pemerintahan yang harusnya mengatasi pandemi tapi (malah) membuat kegaduhan. Maka harusnya mengeluarkan statement perubahan (baik) untuk konstitusi, 
Baik kebijakan dan pemimpin yang harus capabel. Tapi kami menilai pemimpin yang sekarang tidak punya kapasitas yang cukup untuk membawa perubahan dan (tidak) membuat regulasi yang baik," tegasnya.

"Kita di sini sebagai anak-anak muda menginginkan segalanya bisa berubah cepat. Sehingga tegas kita menolak adanya penundaan pemilu, dan kawal dua periode harus tetap berjalan," imbuhnya.

Menanggapi aksi mahasiswa tersebut, dari pantauan wartawan di lokasi aksi. Tampak dua anggota DPRD Jember menemui massa aksi.

Yakni dua orang anggota dari Fraksi PKS, Mashuri dan Nur Hasan.

Menurut Nur Hasan, aksi unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa masih dengan tuntutan dan isu yang sama.

Namun demikian, kata anggota Komisi A DPRD Jember itu. Terkait tuntutan dan pesan kritik mahasiswa sudah tersampaikan di DPR RI. Untuk surat tuntutan dari mahasiswa, lanjutnya, sudah terkirim ke DPR RI.

"Sudah dikirim lewat faksimile dan juga lewat email ke Senayan (DPR RI). Cuman ada kurang puas dari adik-adik mahasiswa. Bahwa surat itu untuk dikirimkan langsung ke DPR RI. Tapi ya itu belum kami lakukan. Karena terlebih lagi, terkait kebijakan kan ranah DPR RI. Jadi jalurnya ya di DPR RI," ujarnya.

"Namun demikian, intinya kami pastikan surat tuntutan mahasiswa sudah diterima di DPR RI. Kami pun juga memiliki sikap yang sama dengan aksi adik-adik mahasiswa. Kami sepakat dengan adanya aksi atau tuntutan tersebut," sambungnya.

Adanya aksi unjuk rasa mahasiswa, kata legislator dari PKS ini, adalah bentuk ketidakpuasan masyarakat terhadap kebijakan pemerintah.

"Karena hal ini berbanding lurus. Sehingga kebijakan-kebijakan partai politik akhir-akhir ini, juga kayaknya semua jadi satu arah. Tidak ada penundaan pemilu, dan penundaan masa jabatan. Soal turunkan harga sembako, semua partai politik semua juga mendengungkan ini," tandasnya.

Perlu diketahui, untuk aksi unjuk rasa mahasiswa dari KAMMI Jember. Tampak dikawal oleh ratusan personel dari Polres Jember. Pengamanan itu dipimpin langsung oleh Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Mahasiswa Lanjut Aksi, DPRD Jember Pastikan Tuntutan Mahasiswa Sudah Sampai di Senayan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT