Rabu, 17 Agustus 2022
Peristiwa Daerah

Mega Proyek Jalan Milyaran Rupiah Sudah Jalan, Konsultasi Publik Baru dilakukan

profile
Rochul

20 Juli 2022 14:32

613 dilihat
Mega Proyek Jalan Milyaran Rupiah Sudah Jalan, Konsultasi Publik Baru dilakukan
Konsultasi Publik Mega Proyek pelebaran jalan Puluhan Milyar. (SJP)

JEMBER – Mega proyek PU Bina marga Provinsi pelebaran dan peningkatan jalan sepanjang 8,5 KM yang berada di kabupaten jember tepatnya melewati 4 kecamatan yaitu Kecamatan Jombang, Kencong, Puger dan Gumukmas baru dilakukan sosialisasi publik dengan mendatangkan kan semua stakeholder.

Bertempat di desa Gumukmas, pada Rabu,(20/7/2022) semua lini yang hadir dan beberapa masyarakat yang juga dihadiri oleh perwakilan masyarakat juga.

Anehnya dari Mega proyek dengan PAGU 50 Milyar dengan dimenangkan oleh PT Timbul persada yang beralamat dari Kabupaten Tuban tersebut dengan nilai tender 39 milyar lebih tersebut sudah dibeberapa tempat dilakukan dan mulai proses pembangunan dan sudah dimulai dari Drainase.

Dadi konsultasi publik tersebut akhirnya semua pihak diberikan waktu untuk tanya jawab, dan dari situlah banjir pertanyaan dari mulai masyarakat hingga kepala desa bahkan juga dari pihak BUMN PTPN XI Semboro juga angkat tangan terkait Mega proyek yang sudah dilakukan namun konsultasi publik baru dilakukan hari ini.

" Kalau menurut saya ya aneh sekali, proyek sudah dilakukan konsultasi publik bersama stakeholder dan masyarakat semua baru dilaksanakan hari ini," kata Mahfud kades Mlokorejo, kecamatan Puger.


Ditanya lebih jauh apakah pihak pemegang proyek awalnya sudah izin ke pihaknya ia juga menjelaskan juga sudah namun hanya lisan.

"Hanya sebatas lisan, dan menurut saya ini kurang bagus dampaknya, karena jalan yang mereka bangun juga mengenai pintu masuk rumah warga nantinya," ungkapnya.


Sementara itu warga desa Gumukmas bernama Hisbulah huda  dalam Forum terbuka terbuka tersebut juga mengungkap dan memberikan pertanyaan kepada pihak pemangku kebijakan yaitu terkait material yang mereka taruh namun tidak koordinasi sama pihak masyarakat.

"Yang saya sayangkan cuma waktu taruh material kenapa pas waktu malam hari dan ketika saya dan masyarakat bangun kaget dan harus lewat mana., Setidaknya jangan seperti ini," ungkapnya.

Terpisah, Mohamad Amirulah sekretaris PU Bina Marga Provinsi dalam kesempatan tersebut ketika dikonfirmasi perihal berapa dana pembanguan peninggian jalan dan pelebaran juga menjelaskan.

"Pagunya 50 milyar dan tender jatuh 39 milyar dimenangkan oleh PT Timbul Persada asal kabupaten Tuban, dan ini sudah dilakukan dan akhir tahun 2023 proyek harus selesai," Katanya.

Lebih lanjut terkait dana yang di  anggarkan pihak PU Bina marga Provinsi juga menjelaskan jika sumber dana ini dari dana DAK dan Reguler.


Perlu diketahui, akibat pelebaran jalan tersebut beberapa ruas jalan sementara penguna jalan juga harus hati hati saat melintas, karena wilayah Jember selatan juga banyak kendaraan ODOL,(Over Dimension Over Loading) yang lalu lalang dan jumlahnya bisa sampai ratusan setiap hari dan dengan kondisi jalan yang semakin sempit akibat pekerjaan pelebaran jalan tersebut.(Lum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Mega Proyek Jalan Milyaran Rupiah Sudah Jalan, Konsultasi Publik Baru dilakukan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT