Jumat, 03 Februari 2023
Peristiwa Daerah

Melanggar Jalur Laut di Situbondo, Dua Perahu Motor Jaring Cantrang dan 6 ABK Diamankan Satpolairud

profile
Sarwo

06 Desember 2022 21:14

945 dilihat
Melanggar Jalur Laut di Situbondo, Dua Perahu Motor Jaring Cantrang dan 6 ABK Diamankan Satpolairud
Dua Perahu motor dengan jaring cantrang saat diamankan Satpolairud Polres Situbondo (SJP)

KABUPATEN SITUBONDO – Diduga melanggar jalur laut, dua perahu motor dengan jaring cantrang dan enam ABK (Anak Buah Kapal) diamankan Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polres Situbondo di perairan Utara Pesisir Landangan, Kecamatan Kapongan, Situbondo, Selasa (6/12/2022) pagi.

Penangkapan terhadap 6 ABK perahu motor cantrang, yang seluruhnya merupakan warga asal Desa Saletreng, Kecamatan Kapongan ini, dilakukan setelah Polairud Polres Situbondo menerima laporan dari nelayan setempat, terkait adanya dua perahu motor cantrang yang melanggar jalur laut atau zona penangkapan ikan.

Sebagaimana dimaksud dalam pasal 7 ayat (2) huruf C Jo pasal 100 C UU RI nomor 45 tahun 2009 tentang perubahan atas undang undang nomor 32 tahun 2004 tentang perikanan.

Karena dikawatirkan dapat menimbulkan konflik antar sesama nelayan, dari laporan tersebut Kasat Polairud AKP Hasanudin bersama anggota sekitar pukul 06.30 WIB langsung bergegas melakukan pengintaian sebelum melakukan penangkapan.

Dengan menggunakan Kapal Patroli Polisi, petugas kemudian menyisir dan membuntuti serta mendekati perahu motor tersebut ke tengah laut.

Sekitar pukul 09.30 WIB petugas berhasil mengamankan enam ABK dan dua perahu motornya ke pinggir pesisir pantai di Pos Satpolairud Pelabuhan Kalbut, Situbondo.

Saat dilakukan pemeriksaan, petugas menemukan sejumlah barang bukti ikan hasil tangkapan dan terumbu karang yang rusak akibat jaring cantrang.

"Barang bukti yang kami amankan, hasil tangkapan ikan, sekaligus terumbu karang. Selain itu, dua perahu motor bersama jaring cantrangnya serta enam orang, diantaranya 2 Nahkoda dan 4 ABK, juga berhasil diamankan," ungkap AKP Hasanudin, Kasat Polairud Polres Situbondo, Selasa (6/12/2022) siang.

Guna proses lebih lanjut, sambung Kasat Polairud, hingga saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan terhadap ABK dan Nahkoda perahu motor tersebut.

"Selain itu, kami juga akan memanggil pemilik perahu motor untuk dimintai keterangannya. Yang jelas ini sudah tertangkap tangan melanggar dan harus diproses sesuai hukum yang berlaku," tukas AKP Hasanudin. (Sarwo)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Melanggar Jalur Laut di Situbondo, Dua Perahu Motor Jaring Cantrang dan 6 ABK Diamankan Satpolairud

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT