Jumat, 03 Februari 2023
Peristiwa Daerah

Menengok Mega Proyek Dengan Bandrol 2,5 Triliun di Kabupaten Nganjuk

profile
Doi

17 Januari 2023 07:45

1.5k dilihat
Menengok Mega Proyek Dengan Bandrol 2,5 Triliun di Kabupaten Nganjuk
Proyek pembangunan Bendungan Semantok, di Kabupaten Nganjuk adalah satu diantara Mega proyek di Indonesia, yang menelan dana sebesar 2,5 Triliun. (suara.com)

KABUPATEN NGANJUK – Bendungan Semantok, terletak di Dusun Kedungpingit, Desa Sambikerep, Kecamatan Rejosos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 20 Desember 2022 lalu.

Melansir situs resmi PUPR, Bendungan Semantok merupakan salah satu program Strategis Nasional dalam upaya memperkuat ketahanan air dan pangan di wilayah Nganjuk secara keseluruhan. 

Dilansir dari suara.com jejaring media suarajatimpost.com Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Semantok di  yang dibangun dengan dana Rp 2,5 triliun. Lantas, seperti apa spesifikasi Bendungan Semantok ini?


Dalam unggahan di akun Instagram-nya pada 20 Desember 2022 lalu, Jokowi menjelaskan sedikit spesifikasi Bendungan Semantok.


"Bendungan Semantok dibangun sejak tahun 2017 dengan nilai investasi mencapai Rp 2,5 triliun. Kapasitas tampungnya sangat besar yaitu 32,67 juta meter kubik dengan luas genangan 365 hektare. Bendungan ini akan mengairi sekitar 1.900 hektare sawah," tulis Jokowi.


Spesifikasi Bendungan Semantok sebenarnya tak hanya itu saja. Beberapa info menarik tentang Bendungan Semantok perlu anda ketahui.


Manfaat Bendungan Semantok


1. Pertanian


Dikutip dari situs resmi KemenPUPR, Bendungan Semantok dilengkapi jaringan irigasi dan dapat berfungsi sebagai penyalur air pada saat musim kemarau guna mencegah terjadinya kekeringan pada areal persawahan seluas 1.900 hektare (ha).


2. Mengatasi banjir

Selain untuk pertanian, manfaat Bendungan Semantok juga berguna untuk mereduksi risiko banjir sebesar 137 m3/detik pada wilayah hilir yang dialiri Sungai Semantok saat musim hujan.


3. Pemeliharaan sungai

Sungai Semantok memiliki panjang sekitar 18,19 km dan daerah tangkapan air sekitar 54.032 km2 memiliki volume aliran masuk rata-rata 64,77 m3/tahun.

Fungsi Bendungan Semantok sebagai upaya pemeliharaan sungai di wilayah hilir bendungan sebesar 30 liter/detik serta penyedia air baku sebesar 312 liter/detik untuk Kecamatan Rejoso.

Bendungan Semantok juga memiliki manfaat potensi wisata. Khususnya, sebagai destinasi pariwisata di Jawa Timur yang dapat meningkatkan ekonomi lokal.

Spesifikasi Bendungan Semantok

Dibangun sejak Desember 2017 - 2022


Tipe zonal inti tegak


Tinggi: 38,5 meter


Panjang puncak bendungan 3.100 meter


Lokasi: Dusun Kedungpingit, Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso Nganjuk


Volume tampung: 32,67 juta m3


Penyedia air baku: 312 lt/detik


Jaringan irigasi: 2,47 m3/detik


Penyedia air irigasi: 1.900 hektare

Dalam proses pengerjaannya, dibagi menjadi dua paket pekerjaan, yaitu pengerjaan oleh kontraktor PT Brantas Abipraya-PT Pelita Nusa Perkasa, serta KSO. Sementara itu, paket kedua pengerjaannya dilakukan oleh PT Hutama Karya-PT Bahagia Bangunnusa, dan KSO.

Proyek pembangunan bendungan yang menghabiskan dana sebesar Rp1,17 triliun dan proses pembangunannya sudah dilakukan sejak Desember 2017 lalu. (**)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Menengok Mega Proyek Dengan Bandrol 2,5 Triliun di Kabupaten Nganjuk

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT