Kamis, 09 Februari 2023
Peristiwa Daerah

Mengurangi Kemacetan DPUPR Kota Batu Garap Ruas Jalan Dusun Klerek - Torongrejo.

profile
Arkana

27 Oktober 2022 23:24

633 dilihat
Mengurangi Kemacetan DPUPR Kota Batu Garap Ruas Jalan Dusun Klerek - Torongrejo.
Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat di lokasi jalan alternatif. (SJP)

KOTA BATU – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu tengah melanjutkan pembangunan jalan tembusan atau alternatif.

Salah satunya adalah poros jalan Dusun Klerek - Torongrejo, yang masih dalam pengerjaan. 

Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat menjelaskan pembangunan jalan tembus  ini sangat penting bagi perkembangan ekonomi juga bisa menjadi penghubung antar wilayah dengan harapan bisa mengangkat semua sektor.

"Pembangunan jalan Dusun Klerek - Torongrejo ini merupakan bentuk mendukung infrastruktur yang diharapkan bisa mengangkat semua sektor. seperti ekonomi, pertanian juga pariwisata. samapai saat ini pekerjaan sudah berjalan 68 persen," imbuhnya, Kamis siang (27/10/2022).

Selain memajukan infrastruktur, juga sebagai solusi mengatasi kemacetan di pusat Kota Batu, khususnya pada wilayah Temas dan Batos hingga jalan Mohammad Hatta Desa Pendem.

Dalam pembangunan peran Masyarakat sangat mendukung juga berpartisipasi,  dimana warga menghibahkan sebagian tanahnya untuk pelebaran jalan dengan sukarelawan yang mulanya 2 meter jadi 5 meter," tambahnya 

Untuk pembangunan ruas jalan Dusun Klerek - Torongrejo dianggarkan dari  DAK (APBN)  2022 dengan pagu Rp 4 miliar, kontrak pengerjaan dimenangkan oleh Karya Abadi Perkasa Kota Malang  dengan nilai tender  Rp 2.666.245.092.

Jalan tembus tersebut akan diselesaikan  pertengahan November 2022 sesuai kontrak, sehingga bisa digunakan sebelum tahun baru.

"Mendatang, ruas jalan ini akan kita koneksikan dengan ruas Batu  - Giripurno
(Batu-Karangploso) via Dusun Durek sesuai instruksi wali kota batu,  karena membantu mengurai kemacetan di Kota Batu  untuk mendukung produktivitas masyarakat pedesaan," tutupnya

Selain itu, Dalam APBD tahun 2022 ini DPUPR Kota Batu juga meningkatkan rusa jalan Lesti - Sumberjo tepatnya di Gg. 17 senilai  Rp 4 miliar selanjutnya ruas jalan Dadprejo. (Syaiful Islam)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Mengurangi Kemacetan DPUPR Kota Batu Garap Ruas Jalan Dusun Klerek - Torongrejo.

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT