Rabu, 07 Desember 2022
Peristiwa Daerah

2 Hari Pembersihan Pasca Longsor di Jember, Begini Kondisinya Sekarang

profile
Rochul

18 Oktober 2022 09:02

357 dilihat
2 Hari  Pembersihan Pasca Longsor di Jember, Begini Kondisinya Sekarang
Kondisi Pembersihan Longsor Di Jember.

JEMBER - Tiga rumah dan satu warung milik warga di Dusun Krajan, Desa Jambesari, Kecamatan Sumberbaru, Jember tertimpa tanah longsor, Minggu siang (16/10) kemarin.

Beruntung tidak ada korban dalam musibah tersebut. Namun kondisi bangunan rumah dan warung rusak berat akibat tertimpa tanah longsor tersebut.

Terkait musibah tanah longsor tersebut, beruntung saat kejadian para penghuni rumah sudah dievakuasi di komplek rumah dinas PDP Jambesari. Sehingga nihil korban. 

Namun demikian, akses jalan tertutup oleh tanah longsoran sepanjang kurang lebih 20 meter, tinggi 50 meter, dan lebar 50 meter.


Akibat akses jalan tertutup, warga yang tinggal di 5 rumah dinas PDP Jambesari sampai saat ini masih belum pulang ke rumahnya. 

Para petugas dari TRC BPBD Jember, TNI, Polri, dan relawan lainnya. Masih melakukan pembersihan dari tumpukan lumpur dan bebatuan. 

Untuk warga yang tinggal di 5 rumah dinas saat ini dievakuasi di rumah saudaranya, tidak jauh dari lokasi kejadian. 

Sementara penghuni tiga rumah yang tertimpa tanah longsor, dievakuasi ke rumah dinas milik PDP Jambesari. Juga mendapat bantuan logistik dari BPBD Jember.

“Musibah tanah longsor itu terjadi sekitar pukul 13.40 WIB, Minggu kemarin. Alhamdulillah tidak ada korban. Tapi tiga bangunan rumah warga dan satu warung rusak berat. Sampai hari ini masih dilakukan pembersihan,” kata Sekretaris BPBD Jember Heru Widagdo , Selasa (18/10/2022).

Saat kejadian, kata Heru, diketahui intensitas hujan tidak terlalu deras. “Tapi mungkin karena curah hujan beberapa hari belakangan cukup sering. Akhirnya membuat terjadinya tanah longsor,” ucapnya.

Terkait informasi warga terdampak musibah tanah longsor, diantaranya adalah bangunan rumah dan warung rusak berat milik Bu Rusiana (35) jumlah keluarga 3 Jiwa, Riza (80) jumlah keluarga 3 Jiwa dan 1 Balita, Pak Rusmin (50) 6 Jiwa, dan Sasmito (28) 2 Jiwa.

Selain menimpa tiga rumah warga dan warung, lanjut Heru, musibah tanah longsor juga menutup akses jalan.

“Di lokasi kejadian ada jalan cabang dua. Satu akses jalan adalah jalur utama yang dipakai warga untuk menuju perkebunan PDP. Itu sekarang kondisinya sudah bisa dilalui lagi baik roda dua dan empat. Tapi satu akses jalan menuju jembatan untuk ke rumah dinas masih banyak material longsor,” ungkapnya.

Sementara untuk satu akses jalan itu, masih upaya pembersihan. Dari TRC BPBD Jember, unsur relawan lainnya, Satpol PP, TNI, Polri, dan dibantu warga.

“Saat ini para korban dievakuasi ke rumah dinas milik PDP. Tinggal di sana, dan sementara sudah diberikan logistik dan bantuan. Untuk kondisi rumah tertimpa longsor rusak sebagian bangunan, tinggal separuh. Nanti akan diupayakan perbaikan. Juga proses pembersihan masih dilanjutkan,” ujarnya.

Selain merusak bangunan rumah dan warung, lanjut Heru, akibat terjadinya musibah tanah longsor.

“Sebanyak 3 pohon duren dan 2 pohon bayur tumbang. Salah satu pohon tumbang menimpa kabel PLN  dan trafo yang tertimbun longsoran, menyebabkan pemadaman di lokasi kejadian. Diketahui juga sepeda motor milik warga tertimbun material. Kemudian, akses jalan 30 meter sebelum lokasi longsoran terkikis sepanjang kurang lebih 15 meter, dan tinggi  kurang lebih 20 meter,” sebutnya.

Dengan musibah tanah longsor itu, lanjut Heru, BPBD Jember juga memberikan imbauan dan sejumlah rekomendasi terkait penanganan dampak tanah longsor.

“Masyarakat diimbau untuk berhati-hati terhadap cuaca ekstrem dan masyarakat yang bertempat tinggal di bawah tebing juga bantaran sungai. Mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap longsor susulan. Kemudian perlunya kerja bakti menggunakan alat berat (loader), dikarena longsoran yang besar,” tuturnya.

Selain itu BPBD Jember juga mengirimkan tim jitupasna untuk menghitung kerugian dan langkah-langkah ke depanya. Melakukan mitigasi bencana di wilayah Jambesari, dikarenakan terdapat banyak titik longsoran dan sangat membahayakan bagi masyarakat Juga dilakukan pemasangan Ram penahan.(Lum)

Publisher : Syahrul
 

Tags
Anda Sedang Membaca:

2 Hari Pembersihan Pasca Longsor di Jember, Begini Kondisinya Sekarang

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT