Kamis, 09 Februari 2023
Peristiwa Daerah

Patroli Blue Light di Situbondo, Polisi Amankan 1 Unit Sepeda Motor Protolan

profile
Sarwo

20 November 2022 11:54

900 dilihat
Patroli Blue Light di Situbondo, Polisi Amankan 1 Unit Sepeda Motor Protolan
Polisi saat melakukan razia balap liar (SJP)

KABUPATEN SITUBONDO – Personel Polsek Asembagus, Polres Situbondo, berhasil mengamankan 1 unit sepeda motor protolan saat melakukan patroli blue light dan razia ke sejumlah tempat yang ditengarai sering dijadikan ajang balap liar, Minggu dinihari (20/11/2022).

Patroli Blue light yang dipimpin Kapolsek Asembagus Iptu Gede Sukarmadiyasa yang digelar di dua titik pada pukul 00.30 WIB ini, berhasil menjaring 1 unit sepeda motor protolan yang diduga hendak melakukan balap liar.

Selanjutnya, seorang pengendara bernama Totok S (18) remaja asal Dusun Lesuk, Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo bersama sepeda motor protolan jenis Suzuki FU nopol W 7320 UF yang diketahui berknalpot brong itu, langsung digelandang ke Mapolsek Asembagus, untuk didata dan dilakukan pembinaan serta sanksi tilang.

"Saat melakukan patroli rutin di dua titik yang diduga sering digunakan balap liar, diantaranya di pertigaan jalan menuju Pelabuhan Jangkar dan Jalan menuju Banongan, kami bersama anggota berhasil mengamankan 1 unit sepeda motor yang tidak memenuhi spesifikasi teknis, yang diduga melanggar ketertiban umum,"kata Kapolsek Asembagus Iptu Gede Sukarmadiyasa, Minggu (20/11/2022) pagi.

Lebih lanjut Gede menuturkan, apalagi dilakukan pada malam hari, dengan cara membahayakan keselamatan orang lain saat berkendara. Sebagaimana dimaksud dalam pasal 504 ke 1 KUHP dan atau pasal 311 ayat (1) UU No 22 tahun 2009 tentang LLAJ.

"Kami mengimbau, agar para pemuda dan kelompok motor, tidak merubah spesifikasi teknis dan melakukan balap liar, karena perbuatan itu melawan hukum. Kami juga mengimbau kepada masyarakat, apabila mengetahui adanya balap liar agar segera melapor ke polisi,"tuturnya.

Guna mengantisipasi gangguan Kamtibmas dan balap liar, sambung Gede, selain melakukan razia, pihaknya juga mengajak peran serta masyarakat dan orangtua agar putera puterinya dapat melakukan hal hal yang positif.

"Karena, membuat riuh dimalam hari dan mengganggu ketertiban umum juga termasuk melanggar undang undang lalu lintas. Kami meminta peran serta orangtua dan masyarakat pada umumnya, agar memberikan pembinaan kepada putera putrinya dalam pergaulan dan keselamatan berlalulintas,"tukas Gede. (Sarwo)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Patroli Blue Light di Situbondo, Polisi Amankan 1 Unit Sepeda Motor Protolan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT