Selasa, 28 Juni 2022
Peristiwa Daerah

Pelaku Tidak Ditahan, Pengacara Korban Tabrak Lari Oknum TNI AL di Mojokerto Kecewa

profile
Andy

09 Juni 2022 20:06

525 dilihat
Pelaku Tidak Ditahan, Pengacara Korban Tabrak Lari Oknum TNI AL di Mojokerto Kecewa
Surat Keterangan Kecelakaan yang dikeluarkan Satlantas Polres Mojokerto. (SJP)

MOJOKERTO - Seorang oknum TNI berisinial W diguga melakukan tabrak lari sehingga korban meninggal dunia.

Oknum TNI berinisial W ini sedang mengendarai truk dinas Angkatan Laut nomor plat Dinas 8083-06 menabrak pemotor Honda supra 125 bernopol S 2881 QE hingga meninggal dunia.

Kecelakaan tersebut terjadi 15 Maret 2022 sekitar jam 16.30 WIB di jalan raya Desa Jabon Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto. 

Dalam surat keterangan kecelakaan bernomor SKI/56/III/2022/satlantas polres Mojokerto pelaku anggota TNI AL berinisial W diancam dengan pasal 310 ayat (4) UU RI nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas. 

"Ya, memang benar telah terjadi kecelakaan pada 15 maret 2022 antar trukk AL bernomor plat dinas 8083-06 dengan pemotor dengan nopol S 2881 QE, dan korban meninggal dunia," ungkap Kanit Laka Joedjono Wihandoko secara tertulis. 

Korban Yudha Murdiman (48) warga Desa Tambakagung Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto. Korban sehari-hari berprofesi sebagai staff di Kantor Notaris. 

Sementara itu, penasehat hukum keluarga korban Lambang Siswandi, SH MH mengajukan keberatan kepada Oditurat Militer Tinggi III Surabaya terhadap tersangka yang tidak dilakukan penahanan. 

"Berkasnya belum dilimpahkan ke Oditur atau jaksa Militer. Kemarin Rabu kami datang ke sana, berkasnya belum diserahkan karena kurang lengkap. Kalau sudah lengkap atau P21 itu, penyidik akan menyerahkan ke oditur. Sekitar satu minggu lalu saksi korban yang juga istri korban, tepatnya Senin (30/5/2022) pukul 10.00 WIB juga sudah dimintai keterangan oleh POMAL," jelas Lambang.

Selain itu, menurut Lambang saat kejadian pelaku sempat melarikan diri sebelum menyerahkan diri di pos polisi Jampirogo Sooko.  Menurut Lambang, seandainya pelaku langsung menolong korban mungkin nyawa korban masih tertolong. 

"Kecelakaannya terjadi di Jabon Mojokerto. Pelaku melarikan diri dan tidak monolong, sehingga korban meninggal di RS Sakit. Kemudian pelaku menyerah kan diri di Pos Polisi Jampirogo yang jaraknya sekitar 10 KM," ungkap Lambang kepada awak media, Rabu (8/6/2022). 

Saat ini, tim penasehat hukum keluarga korban meminta adanya kompensasi santunan. Mengingat korban meninggalkan 2 anak yang sedang menempuh pendidikan. 

"Kami mengajukan kompensasi santunan kepada istri korban untuk dibuatkan usaha dan pendidikan anaknya. Namun belum ada intikad kepedulian dari pelaku," tutur Lambang. 

Usai kejadian, Kepala Kesatuan tempat pelaku berdinas sudah mengunjungi keluarga korban dan meminta maaf. Selain itu, sudah memberikan santunan sebesar Rp 10 juta. 

"Sudah ada dari kesatuannya, namun dari pelaku belum ada. Dua minggu yang lalu POMAL datang ke rumah korban, katanya ditahan sementara selama 20 hari terus dilepas dan dikembalikan ke kesatuannya, sesuai prosedur penanganan pengadilan," tandasnya.

Kasus ini sedang ditangani di Polisi Militer Angkatan Laut (POMAL) Lantamal V Surabaya. (Andy)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pelaku Tidak Ditahan, Pengacara Korban Tabrak Lari Oknum TNI AL di Mojokerto Kecewa

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT