Selasa, 27 September 2022
Peristiwa Daerah

Pembangunan Pasar Induk Batu Dikeluhkan Warga, Eko Suhartono: Sesuai Site Plan DPUPR

profile
Doi

13 April 2022 19:00

609 dilihat
Pembangunan Pasar Induk Batu Dikeluhkan Warga, Eko Suhartono: Sesuai Site Plan DPUPR
Akses jalan tertutup bangunan Pasar Induk Batu, pelajar ini harus panjat tangga saat pulang pergi sekolah. (Doi Nuri / SJP)

KOTA BATU – Keluhan warga Kelurahan Temas akan dampak pembangunan Pasar Induk Batu, disikapi dingin oleh Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu, Eko Suhartono.

Berdalih jika pengerjaan pembangunan Pasar Induk Batu sudah sesuai gambar site plan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (DPUPR) Kota Batu, Eko merasa pendirian plengsengan tersebut sudah tepat.

"Batas tanahnya kan sudah jelas. Setahu saya itu ada selisih jarak kok. Ya nanti lah saya cek dulu," katanya saat dikonfirmasi suarajatimpost.com melalui ponsel. Rabu, (13/4/2022).

Ranah pembangunan, lanjut Eko, sudah masuk dalam kapasitas DPUPR Kota Batu, sebab pengerjaan juga berdasarkan gambar site plan dari DPUPR.

"Saya ini urusannya di pedagang, kalau urusan pembangunan silakan bisa berkomunikasi dengan DPUPR," kilah Eko.

Terkait akses jalan warga yang tertutup bangunan pasar, juga dampak langsung pembangunan ke pemukiman warga, Eko mengatakan bisa diatur menyusul.

"Sekarang yang menjadi permasalahannya itu kan sesuai site plan dulu. Kalau masalah akses dan sebagainya kan bisa disampaikan bagaimana nanti kebijakan daerah, kan begitu," tegas dia.

Senada dengan Eko, Manajer Operasional PT Sasmita, Joko Suyono mengatakan bahwa yang terpenting adalah pekerjaan yang dilakukan pihaknya sesuai dengan tupoksi dan arahan pihak Pemkot Batu.

"Paling utama bagi kami adalah pekerjaan kami lancar. Urusan lain-lain silakan berkomunikasi dengan pihak Pemkot Batu, karena kami sesuai arahan saja," kata Joko.

Joko mengaku jika sebelumnya sempat mengambil jarak dengan bangunan rumah warga, namun pihaknya mendapatkan teguran untuk sesuai gambar site plan DPUPR Kota Batu.

"Kami bisa dibilang rugi di biaya operasional, karena waktu itu sempat kami ambil jarak pembangunan plengsengan dengan rumah warga, namun dari pihak Pemkot Batu meminta untuk sesuai site plan," pungkas dia.

Terpisah, Lurah Temas, Adi Santoso jika pihaknya masih belum mendengar kabar insiden yang diutarakan warganya melalui awak media. Selanjutnya, bersama staf kelurahan dirinya akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

"Belum ada laporan sama sekali kepada kami, dan baru tau juga dari pemberitaan media hari ini," ungkap Adi.

Adi menambahkan, pihaknya tidak mengetahui site plan pembangunan secara pasti. Karenanya, ia merasa perlu melakukan komunikasi lanjutan terkait permasalahan di lingkungan Kelurahan Temas.

"Saya tidak mengetahui site plan secara detail. Saya tahu ya yang terpampang saat ground breaking saat itu saja," imbuh dia.

Namun demikian, jika dampak signifikan terjadi kepada masyarakat atas pembangunan Pasar Induk Batu tersebut, maka pihaknya tidak akan tinggal diam.

"Yang jelas tidak ada kesepakatan apapun dari pihak Pemkot Batu dan penyedia jasa pembangunan dengan kami di Kelurahan Temas, yang berhubungan dengan masyarakat," tandas dia. (Doi Nuri)

Editor: Noordin Djihad

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pembangunan Pasar Induk Batu Dikeluhkan Warga, Eko Suhartono: Sesuai Site Plan DPUPR

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT