Jumat, 03 Februari 2023
Peristiwa Daerah

Pemdes Oro-oro Ombo Sepakati Perjanjian Kerjasama Pengelolaan TKD dengan PT MIS Selama 15 Tahun

profile
Syahrul

28 Desember 2022 11:29

525 dilihat
Pemdes Oro-oro Ombo Sepakati Perjanjian Kerjasama Pengelolaan TKD dengan PT MIS Selama 15 Tahun
Pemdes Oro-oro Ombo dan Direktur PT MIS menunjukan surat perjanjian kerjasama TKD

KOTA BATU - Pemerintah Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, telah bersepakat menjalin kerjasama dengan PT. Mutiara Indah Sejahtera (PT. MIS) mengenai pengelolaan Tanah Kas Desa (TKD). 

TKD seluas 33.000 lebih, yang merupakan aset dari Desa Oro-oro Ombo tersebut, akan kembali di kelola oleh PT MIS selama 15 tahun mendatang. 

Perjanjian tersebut, berlaku mulai 17 Agustus 2023 hingga 17 Agustus 2038. Dengan pembayaran setiap tahunya sebesar Rp 75 juta. 

"Pembayaranya per periode, satu periode itu tiga tahun, jadi jika 15 tahun, maka ada 5 periode pembayaran yang dilakukan oleh PT MIS pada Pemdes Oro-oro Ombo," Papar Notaris Roy Pudyo Hermawan, SH, M.Kn, sebelum dilakukan penandatanganan kerjasama di Batu Night Spectacular (BNS), Selasa (27-12-2022) sore. 

Kepala Desa Oro-oro Ombo, Wiweko, menyampaikan perpanjangan sewa lahan dari manajemen BNS akan habis di tahun 2023. Berdasarkan musyawarah desa dan rekomendasi dari BPD, mengharap untuk melanjutkan kerjasama tersebut. 

"Adanya BNS di Desa Oro-oro Ombo sangat bermanfaat bagi perekonomian masyarakat. Sekarang di desa kami sudah ada ratusan villa dan homestay yang telah beropersional. Tentu itu merupakan imbas dari adanya tempat wisata," tutur Wiweko yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Petinggi dan Lurah (APEL) se Kota Batu ini.

Menurutnya, Batu Night Spectacular merupakan sebuah lokal wisata. Menggabungkan konsep pusat perbelanjaan, permainan, olahraga, dan hiburan di dalamnya. "Menariknya jam operasional BNS sesuai namanya, buka mulai jam 3 sore hingga jam 12 malam," terang Wiweko. 

Sementara, Direktur PT. Mutiara Indah Sejahtera, Suryo Widodo, menjelaskan bahwa perpanjangan sewa TKD tersebut, tidak serta merta melihat BNS nya.

"Kita melihat dampak positif bagi masyarakat Desa Oro-Oro Ombo, termasuk paling berhasil dibandingkan kerjasama dengan daerah-daerah lain," ulas Suryo. 

Suryo menambahkan, meski BNS secara bisnis keuntunganya kecil, namun terpenting adalah pertumbuhan taraf ekonomi masyarakat sekitar bisa meningkat dirinya sudah sangat bersyukur. 

"Apalagi, kita nanti ada perbaikan-perbaikan dan peningkatkan fasilitas di dalam BNS. Pada intinya kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaan dan kerjasamanya yang terjalin selama ini pada Pemdes Oro-oro Ombo, " Tutup Suryo. 

Diketahui, penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut selain dihadiri jajaran manajemen Jatim Park Grup, juga disaksikan oleh Camat Batu, Danramil, Kapolsek, BPD, Karang Taruna Desa, serta Ketua RT dan RW se Desa Oro-oro Ombo.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pemdes Oro-oro Ombo Sepakati Perjanjian Kerjasama Pengelolaan TKD dengan PT MIS Selama 15 Tahun

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT