Sabtu, 21 Mei 2022
Peristiwa Daerah

Pemkab Jember Kecewa, Pembangunan Proyek Multiyears PT KIM Dibongkar Ganti Aspal Baru

profile
Rochul

23 Maret 2022 17:08

4.3k dilihat
Pemkab Jember Kecewa, Pembangunan Proyek Multiyears PT KIM Dibongkar Ganti Aspal Baru
Kondisi jalan Multiyears yang dibangun PT KIM.

JEMBER,- Pemerintah Kabupaten Jember tidak terima dengan hasil pekerjaan sementara oleh PT Kontruksi Indonesia Mandiri (KIM) yang menggarap rehab jalan menuju wisata Pantai Watu Ulo.

Sebab, ditemukan banyak lubang pada aspal yang baru sepekan dihampar ke jalanan. 

Alasan Pemkab Jember, kondisi tersebut mengindikasikan buruknya kualitas pekerjaan PT KIM yang harus bertanggung jawab atas kontrak senilai Rp17,6 miliar untuk rehab jalan menuju kawasan wisata Pantai Watu Ulo di Kecamatan Ambulu sepanjang 22 kilometer tersebut.

Inspeksi mendadak ke lokasi pada Rabu, 23 Maret 2022 menemukan pada sebagian titik ternyata penyebab terjadinya lubang jalan karena aspal tidak menyatu dengan material agregat. Sehingga, mengalami kerusakan walaupun masih baru digarap beberapa waktu lalu. 

"Ini mudah lepas batunya seperti jagung," kata Ketua Komisi C DPRD Jember Budi Wicaksono usai dengan jari tangannya meremas bongkahan aspal dilokasi. 

Andi Kristian, anggota Komisi C menambahkan, pihaknya bakal memanggil manajemen PT KIM ke Gedung Dewan untuk menjelaskan secara terbuka tentang setiap hal yang mereka kerjakan. 

"Selain itu, kami juga akan mengundang penyuplai aspal untuk PT KIM. Kami ingin tahu benar tidaknya sumber aspal di lokasi apakah sesuai dengan yang tercantum dalam dokumen kontrak," ujar Andi. 

Konsultan Pengawas bernama Diki turut hadir dalam sidak. Ia lantas menyebut, bongkahan aspal sebagai sampel dari lokasi bekas lubang menunjukkan indikasi antar material tidak menyatu. 

"Ya, mungkin kesalahan ada di human error. Karena terlalu banyak order, orangnya kecapekan pada saat aspal itu dipanaskan tidak maksimal," tukasnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PU Bina Marga dan SDA Jember Jupriono memerintahkan PT KIM mengaspal ulang jalan yang mengalami kerusakan. 

"Saya suruh rekanan membongkar dan mengganti dengan aspal baru, karena kami ingin kualitas kontruksi yang baik sesuai rencana," tegasnya, Rabu, 23 Maret 2022.

Jupriono mengatakan, dirinya berusaha konsisten menjalankan perintah Bupati Jember Hendy Siswanto, yakni hanya bersedia membayar uang kontrak kepada rekanan yang berlaku tertib mengerjakan proyeknya secara berkualitas. 

Menurut dia, sikap demikian didasari alasan pemerintah bermaksud menyediakan sarana publik dengan menggunakan uang rakyat, nantinya tidak sampai terbuang percuma. Mengingat, proyek rehab jalan se-Kabupaten Jember bakal menelan biaya hingga Rp664 miliar. 

"Intinya, semua pekerjaan rekanan harus sesuai ketentuan. Pekerjaan jelek, jelas tidak dibayar. Maka dari itu, apabila ditemukan kerusakan saat ini ada masa pemeliharaan sebaiknya segera diperbaiki," tutur Jupriono. 

PT KIM tiada mengutus perwakilan ketika sidak. Hanya dari PT KIM tampak mengerahkan alat pembongkar aspal dan satu unit truk pengangkut. Lokasi yang sebelumnya berlubang telah dibongkar dengan menyisakan setumpuk bongkahan. 

Sampai dengan sidak berlangsung hingga sore hari, tidak kunjung muncul pegawai PT KIM. Tak pelak, beberapa petugas dari Dinas PU Bina Marga tetap berada disana untuk menunggu upaya perbaikan oleh PT KIM. 

"Harus kami tunggu mereka. Karena perintah atasan kami tidak boleh pulang sebelum rehab jalan rusak diperbaiki lagi diganti aspalnya," ungkap salah satu pegawai bina marga.(Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pemkab Jember Kecewa, Pembangunan Proyek Multiyears PT KIM Dibongkar Ganti Aspal Baru

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT