Jumat, 03 Februari 2023
Peristiwa Daerah

Penyeberangan Kapal Feri Tujuan Situbondo Madura Ditutup, Puluhan Penumpang Terlantar

profile
Sarwo

03 Januari 2023 12:50

1.6k dilihat
Penyeberangan Kapal Feri Tujuan Situbondo Madura Ditutup, Puluhan Penumpang Terlantar
Puluhan calon penumpang tujuan kepulauan Madura saat tidur diruang tunggu pelabuhan Jangkar (Sarwo/SJP)

KABUPATEN SITUBONDO – Sudah lebih dari sepekan aktivitas penyeberangan kapal feri dari pelabuhan penyeberangan Jangkar, Situbondo menuju beberapa Kepulauan di Sumenep Madura ditutup.

Karena tertunda keberangkatannya, puluhan penumpang tertahan dan bermalam diruang tunggu pelabuhan tersebut terlantar.

Ada sekitar 35 penumpang tujuan pulau Raas dan Kangean Madura tertahan dan harus rela tidur diruang tunggu penumpang di pelabuhan Jangkar.

Salah satunya, Umi (60) calon penumpang kapal feri dari pulau Bali, dengan tujuan pulau Kangean, Sumenep, Madura.

"Sejak awal ditutup hingga hari ini, saya sudah 12 hari tidur diruang tunggu pelabuhan ini, selain tidak punya keluarga diwilayah sini, saya juga gak punya banyak uang untuk bermalam di penginapan,"tutur Umi, kepada sejumlah wartawan, Selasa (3/1/2023) pagi.

Beruntung, ucap Umi, meskipun dirinya hanya memiliki uang pas pasan dan tidak bisa bermalam di penginapan disekitar pelabuhan, pihak pelabuhan jangkar menyediakan alas tidur, selimut dan nasi kotak.

"Alas tidur, selimut dipinjami, sedangkan makan 1 kali gratis, setiap pagi diberi oleh petugas pelabuhan, ini sedikit membantu. Mau bagaimana lagi, kalau cuaca tidak mendukung dan kapal feri tidak ada yang berani menyeberang. Mau gak mau ya harus rela tidur di ruang tunggu ini,"ucapnya.

Koordinator UPT PPR (Pelabuhan Penumpang Regional) Banyuwangi wilayah kerja Jangkar, Situbondo, Tri Wahyono membenarkan, aktivitas penyeberangan dari pelabuhan Jangkar, Situbondo menuju beberapa Kepulauan di Kabupaten Sumenep, Madura ditutup sementara.

Hal ini dilakukan, setelah pihaknya mendapat pemberitahuan peringatan cuaca buruk dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Karena cuaca buruk, aktivitas penyeberangan ditutup sementara, sejak 23 Desember 2022, kalau tidak ada perubahan hingga 6 Januari 2023 mendatang. Hingga hari ini ada puluhan calon penumpang tujuan Raas dan Kangean yang tertahan dan menginap di ruang tunggu pelabuhan ini,"katanya.

Sebelumnya, lanjut Tri Wahyono, banyak calon penumpang dengan tujuan beberapa pulau di Kabupaten Sumenep, Madura yang mengurungkan niatnya karena melihat kondisi cuaca buruk.

"Sebagian calon penumpang memilih menunda perjalanannya, ada juga yang menginap dirumah sanak familinya. Namun, ada sekitar 35 calon penumpang menginap di ruang tunggu pelabuhan dengan alas tidur yang disediakan pelabuhan dan dari Dinsos Kabupaten Situbondo,"ujar Tri Wahyono.

Tidak hanya itu, sambung Tri Wahyono, demi kemanusiaan, pihaknya juga memberi bantuan makan kepada puluhan calon penumpang yang bermalam di pelabuhan tersebut.

"Guna membantu meringankan beban para calon penumpang yang tidur di ruang tunggu pelabuhan, satu kali dalam sehari kami memberi bantuan makan. Untuk pemberangkatan kapal hingga saat ini belum dapat dipastikan, masih menunggu cuaca membaik,"pungkasnya. (Sarwo)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Penyeberangan Kapal Feri Tujuan Situbondo Madura Ditutup, Puluhan Penumpang Terlantar

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT