Kamis, 09 Februari 2023
Peristiwa Daerah

Perumdam Among Tirto Kota Batu Menaikkan Retribusi Air Untuk Golongan Industri

profile
Arkana

22 Desember 2022 14:58

636 dilihat
Perumdam Among Tirto Kota Batu Menaikkan Retribusi Air Untuk Golongan Industri
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko didampingi Direktur Perumdam Among Tirto Kota Batu, Edi Sunaedi. (SJP)

KOTA BATU – Perkembangan pariwisata Kota Batu semakin meningkat, begitu juga bertambah banyak adanya hotel, penginapan dan perumahan diwilayah kota wisata ini.

Hal ini membuat Perumdam Among Tirto terus melakukan penyesuaian dan memproyeksi adanya kenaikan untuk golongan niaga dan industri. 

Direktur Utama Perumdam Among Tirto, Edi Sunaedi memaparkan, potensi kenaikan tarif air ini kebanyakan akan berdampak pada hotel bintang empat ke atas dan pabrik dengan sekala besar.

"Proyeksi kami naik sekitar 2,5 persen, kebijakan ini sudah waktunya untuk penyesuaian antara konsumsi air yang digunakan oleh golongan niaga dan industri," ungkapnya. Kamis (22/12/2022).

Diketahui, tarif untuk golongan niaga dan industri saat ini berada diangka terendah 1.880 per meter kubik dan tertinggi 3,760 per meter kubik.

Jika ditingkatkan sebanyak 2,5 persen maka akan menjadi terendah 1.927 per meter kubik untuk tertinggi 3.854 per meter kubik. 

Edi juga memastikan untuk pengguna golongan rumah tangga tidak ada kenaikan tarif, dan pihaknya akan menambah golongan yang saat ini masih ada empat golongan pelanggan rumah tangga. 

"Saat ini untuk pelanggan rumah tangga ada empat golongan, kami akan menambah menjadi lima golongan di tahun 2023 mendatang," Tambahnya 

Penambahan golongan dilakukan sebagi penyeimbang kenaikan tarif di golongan niaga dan industri serta menambah target pelanggan di Kota Batu.

Mengingat di tahun 2016 sebelumnya Perumdam Among Tirto memiliki 10.600 pelanggan, sedangkan ditahun 2022 ini tercatat mencapai 19.700 pelanggan.

Sementara itu, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko membenarkan, bahwa beberapa pelanggan memang perlu disesuaikan retribusinya untuk bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Capaian pendapatan Perumdam Among Tirto sangat bagus dari setiap tahunnya. Catatan kami ditahun 2020 lalu mencapai Rp 1,19 miliar, naik menjadi 1,30 miliar ditahun 2021 dan naik drastis menjadi Rp 2,5 miliar ditahun ini," Tandasnya. (Syaiful Islam)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Perumdam Among Tirto Kota Batu Menaikkan Retribusi Air Untuk Golongan Industri

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT