Sabtu, 21 Mei 2022
Peristiwa Daerah

PG Semboro Targetkan  Produksi Gula 8 Juta Ton di Musim Giling Tahun Ini

profile
Rochul

20 April 2022 18:59

382 dilihat
PG Semboro Targetkan  Produksi Gula 8 Juta Ton di Musim Giling Tahun Ini
Prosesi selamatan petik tebu PTPN XI Semboro Jember di HGU Spada Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Jember.

JEMBER - Proses buka giling akan dilaksanakan pada 20 Mei 2022 oleh PG Semboro Jember pada pukul 9 pagi mendatang.

Sebelum proses giling dilaksanakan, pihak PTPN XI tersebut mengelar berbagai prosesi mulai dari pemanasan Ketel (alat) hingga prosesi selamatan petik tebu manten yang dilakukan pada Rabu April 2022 siang di kawasan Desa nogosari kecamatan Rambipuji tepatnya di HGU Spada.

Prosesi pelaksanaan yang juga dilakukan dengan cara sakral yaitu diikuti dengan ritual keagamaan dan juga tebu yang hendak dipanen awal dalam rangka prosesi tersebut juga diberi nama masing masing yaitu Raden Bagus Rosan dan juga Diah ayu Roro manis.

Kedua nama tersebut diberikan kepada 2 buah tebu yang hendak dipanen awal dalam prosesi manten tebu guna untuk memberi tahu jika kegiatan buka giling akan segera dilaksanakan.

Dalam kesempatan tersebut, pihak PG Semboro melalui General Manager bernama Nur Drajat Rahman disela sela kegiatan acara prosesi selamatan petik tebu manten 2022 menyampaikan.

"Hari ini kita mengadakan selamatan petik tebu manten, ini adalah hari kedua yang setelah kemarin hari senin kita melaksanakan selamatan mesin ketel.kegiatan ini adalah salah satu budaya melestarikan budaya kearifan lokal dan pada intinya adalah meminta keberkahan kepada Allah," kata GM PG semboro Nur Drajat Rahman.

Ditanya lebih jauh terkait target produksi giling tahun ini yang dimulai pada bulan Mei mendatang Nur Drajat Rahman menyampaikan.

"Tahun ini Terget 8 juta ton dan insya Allah akan terpenuhi, kami yakin dan optimis, karena kerjasama petani tebu dan kami tercipta dengan baik," imbuhnya.

Sementara ditanya proses giling tahun lalu, General manager PG Semboro yang baru menjabat tersebut menyampaikan jika pada tahun lalu hasil produksi gula 6,8 juta ton, dan tahun ini harus semakin naik.(Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

PG Semboro Targetkan  Produksi Gula 8 Juta Ton di Musim Giling Tahun Ini

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT