Selasa, 27 September 2022
Peristiwa Daerah

Polsek Banyuputih Situbondo, Pasang Police Line di Lokasi Tambang Pasir Situs Mellek

profile
Sarwo

06 September 2022 22:03

779 dilihat
Polsek Banyuputih Situbondo, Pasang Police Line di Lokasi Tambang Pasir Situs Mellek
Anggota Polsek Banyuputih saat memasang police line dilokasi situs Mellek (Sarwo/SJP)

SITUBONDO – Pasca menerima pengaduan dari TCB-YMBS (Tim Cagar Budaya- Yayasan Museum Balumbung Situbondo) terkait terancamnya data arkeologis, Situs Mellek di Dusun Krajan, Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, anggota Polsek Banyuputih pasang garis polisi di lokasi tambang pasir, Selasa (6/9/2022).

Kapolsek Banyuputih AKP Heru Purwanto bersama anggota langsung melakukan pengecekan ke lokasi tersebut. Selain itu, pihaknya juga melakukan penutupan, dimana lokasi ODCB itu ditemukan.

"Di lokasi kami pasang police line, kami juga akan segera koordinasi dengan dinas terkait yang berkompeten di bidang tersebut. Untuk ODCB harus kita amankan, bisa dititipkan di balai desa dan bisa dipertanggungjawabkan sambil menunggu penelitian dari dinas terkait," ucap Kapolsek Banyuputih AKP Heru Purwanto, Selasa (6/9/2022) sore.

Menurut anggota TCB-YMBS M. Andiy Syamsul Arifin , pihak Polsek Banyuputih tidak pernah mendapatkan laporan kegiatan penambangan tersebut. Sehingga dapat dipastikan penambangan tersebut ilegal.

"Tentunya, apalagi kalau bukan ilegal. Pihak Pemdes Sumberejo pun tidak tahu dan Polsek Banyuputih juga menyatakan tidak menerima laporan atau pemberitahuan tentang adanya aktivitas penambangan ini," tutur M. Andiy Syamsul Arifin.

Menurut dia, persoalan penggalian pasir dan tanah di lokasi yang memiliki potensi cagar budaya seolah menjadi persoalan yang berulang-ulang. 

"Ini karena oknum penambang tutup mata dan tidak mau belajar pada kasus-kasus sebelumnya yang mengakibatkan kerusakan struktur kuno bahkan hilangnya sejumlah artefak di lokasi ini," tegas Andiy.

Alasan kami yang mendasar, sambung Andy, potensi kecagarbudayaan di sini tidak  boleh diganggu, sehingga penelitian dan ekskavasi arkeologis dapat diwujudkan tanpa kehilangan datanya.

"Penggalian dengan ekskavasi itu berbeda. Karena ekskavasi tata caranya dengan metode yang diatur dalam arkeologi. Maka dalam hal ini,  di Situs Mellek, sangat krusial penyelamatan cagar budayanya lebih dari sekedar pemanfaatan pasirnya,"ujarnya.

TCB-YMBS, lanjutnya, sangat mengapresiasi kinerja kepolisian yang bergerak taktis dalam merespon pengaduan masyarakat atau lembaga.

"Terima kasih para personel kepolisian yang segera ke TKP sehingga ini juga merupakan tindakan preventif dalam penyelamatan cagar budaya atau artefaktual yang masih terpendam di dalamnya," tukas Andy. (Sarwo)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Polsek Banyuputih Situbondo, Pasang Police Line di Lokasi Tambang Pasir Situs Mellek

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT