Senin, 28 November 2022
Peristiwa Daerah

Pria Asal Bondowoso Ditemukan Tewas Tenggelam di Waduk Bajulmati Situbondo, Begini Kronologinya

profile
Sarwo

19 November 2022 15:57

1.4k dilihat
Pria Asal Bondowoso Ditemukan Tewas Tenggelam di Waduk Bajulmati Situbondo, Begini Kronologinya
Tim gabungan saat proses evakuasi korban tenggelam di Waduk Bajulmati Situbondo (Sarwo/SJP)

KABUPATEN SITUBONDO – Seorang pria pemancing bernama M Fauzi (24) warga Congkrong Timur, Desa Taman, Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso, dilaporkan hilang tenggelam di Waduk Bajulmati, Desa Wonorejo Kecamatan Banyuputih Situbondo.

Korban ditemukan dalam keadaan tewas di kedalaman 5 meter usai memancing ikan bersama 9 orang temanya di Waduk tersebut pada Sabtu (19/11/2022) siang.

Sumber data yang diperoleh, korban diketahui berangkat memancing bersama 9 orang temannya pada Jumat siang kemarin 18 November 2022 pukul 13.00 WIB dari Bondowoso. 

Dengan menumpang mobil pick up L 300, 10 orang tersebut tiba dilokasi pemancingan di waduk Bajulmati, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, pada pukul 17.00 WIB.

Setiba dilokasi tersebut, 7 orang turun di jurang tangis untuk memancing dihulu waduk dan 3 orang lainnya turun di tempat parkir di area waduk Bajulmati.

Usai memarkir kendaraannya, sekitar pukul 18.00 WIB korban bersama dua orang yang tak lain kakak kandung dan satu temannya, menuju lokasi pemancingan.

"Kakaknya M Junaedi (29) bersama temannya M Lutfianto (29) berjalan kaki menuju lokasi pemancingan. Sedangkan korban M Fauzi (24) menumpang ban bekas saat menuju lokasi tersebut,"tutur Puriyono Pusdalops BPBD Kabupaten Situbondo, Sabtu (19/11/2022) sore.

Setelah hendak pulang, lanjut Puriyono, pada Sabtu pagi (19/11/2022) sekitar pukul 05.30 WIB, kakaknya meminta korban kepinggir karena persiapan mau pulang.

"Dengan menaiki ban bekas, saat korban bergerak kepinggir yang berjarak sekitar 7 meter dari pinggir waduk, tiba tiba korban terdiam diatas ban tersebut. Kemudian kakaknya bertanya namun tidak dijawab,"ungkap Puriyono.

Dari keterangan kakak korban, sambung Puriyono, selang beberapa menit kemudian tiba tiba korban kejang kejang, diatas ban yang dinaiki. Tak berselang lama korban terguling dan jatuh dan tenggelam di waduk pada kedalaman 5 meter.

"Mengetahui korban tenggelam, kakaknya berupaya memberi pertolongan. Namun pertolongan sia sia karena kakaknya tidak bisa berenang. Kemudian kakak korban melaporkan peristiwa tersebut ke petugas jaga waduk tersebut,"ucap Puriyono.

Dengan menggunakan perahu fiber, imbuh Puriyono, petugas jaga waduk berupaya melakukan pencarian dengan menyisir sekitar lokasi kejadian. Karena upaya pencarian tidak membuahkan hasil, petugas jaga kemudian melaporkan peristiwa tersebut ke Mapolsek Banyuputih dan diteruskan ke BPBD Situbondo.

"Setelah menerima laporan, anggota BPBD Situbondo, Tagana Dinsos Situbondo bersama anggota Polsek Banyuputih dibantu anggota Polsek Asembagus dan anggota Koramil Banyuputih serta anggota Basarnas Banyuwangi dan anggota SAR Banyuwangi tiba dilokasi sekitar pukul 09.30 WIB. Tim gabungan langsung melakukan pencarian dengan menggunakan 1 perahu fiber, 1 perahu karet dan penyelaman dilokasi tersebut,"imbuhnya.

Kurang lebih 4 jam, upaya pencarian tersebut  membuahkan hasil. Petugas berhasil menemukan korban di kedalaman 5 meter dalam kondisi meninggal dunia.

"Tim gabungan berhasil menemukan korban sekitar pukul 13.30 WIB dalam kondisi korban sudah dalam keadaan meninggal dunia. Usai dievakuasi, jenazah korban kemudian dibawa ke RSUD Asembagus dengan menggunakan mobil ambulan PKM Wonorejo,"pungkas Puriyono. (Sarwo)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pria Asal Bondowoso Ditemukan Tewas Tenggelam di Waduk Bajulmati Situbondo, Begini Kronologinya

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT