Kamis, 09 Februari 2023
Peristiwa Daerah

PT KAI Berikan Bantuan Untuk Pengungsi Erupsi Semeru, Sekaligus Inspeksi

profile
Achmad

08 Desember 2022 20:16

596 dilihat
PT KAI Berikan Bantuan Untuk  Pengungsi Erupsi Semeru, Sekaligus Inspeksi
KAI saat memberikan bantuan genset di Gudang Bulog Lumajang oleh Asisten Humas PT KAI Daop 9 Jember, Tohari. (SJP)

KABUPATEN LUMAJANG – Usai musibah tahun lalu, pada 4 Desember 2021, Gunung semeru meletus, merusak pemukiman warga dan merusak infrastruktur yang ada. Masih belum hilang ingatan letusan kala itu, di tanggal dan di bulan yang sama tahun ini 4 Desember 2022 Gunung Semeru erupsi kembali. 

Sebagai salah satu bentuk kepedulian PT. KAI (Persero) bagi pengungsi erupsi Semeru di Lumajang. PT. KAI melalui Program KAI Peduli, memberikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang berupa 8 unit Genset.

Bantuan diberikan langsung oleh Direktur Utama PT. KAI, Didiek Hartantyo, Kamis (8/12/2022) kepada Pemkab Lumajang, saat melakukan Inspeksi Direksi KAI untuk kesiapan Angkutan Natal dan Tahun Baru di Daop 9 Jember. 

Bantuan dari KAI Peduli diterima langsung oleh Kepala Bappeda Pemkab Lumajang, Ir Retno MSI; didampingi KaBid Logistik BPBD Lumajang, Wawan SH. Msc; dan Staf Ahli Bupati, Indra S.Sos MM. di Kantor Daop 9 Jember. 

Menurut Didiek, bantuan yang diberikan saat ini berdasarkan atas kebutuhan yang saat ini memang sangat mendesak. Mengingat banyak titik-titik pengungsian yang tersebar di Wilayah Kabupaten Lumajang.

"Kegiatan ini adalah sebagai wujud kepedulian KAI untuk membantu korban dampak erupsi yang menimpa masyarakat Lumajang. Dengan memberikan bantuan berupa 8 buah Genset, untuk mendukung pemulihan pasokan listrik di Lumajang," tutur Didiek. 

Dilanjutkannya, pemberian bantuan berupa genset ini, diharapkan bisa meringankan dan mempermudah kegiatan warga korban erupsi di tempat-tempat pengungsian.

Didiek menambahkan, bantuan genset ini juga bisa digunakan di kemudian hari. Tidak hanya digunakan pada saat ini saja. Melainkan bisa digunakan jika terjadi kondisi darurat lainnya. 

"Saya harapkan masyarakat tetap mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru. 

Terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan," pinta Didiek.

Senada dengan Didiek, Kepala Bappeda Pemkab Lumajang, Ir Retno MSI, saat ini pengungsi erupsi Gunung Semeru, sangat membutuhkan kebutuhan-kebutuhan mendasar yang bisa membantu aktifitas mereka selama di titik-titik pengungsian. 

"Kami mewakili Pemkab Lumajang, menghaturkan terima kasih kepada KAI, atas bantuan yang diberikan," jelas Retno. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

PT KAI Berikan Bantuan Untuk Pengungsi Erupsi Semeru, Sekaligus Inspeksi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT