Senin, 28 November 2022
Peristiwa Daerah

Pungli Mengatasnamakan Komite Sekolah Membuat Resah Wali Murid SMAN 1 Kota Batu.

profile
Arkana

31 Oktober 2022 11:09

624 dilihat
Pungli Mengatasnamakan Komite Sekolah Membuat Resah Wali Murid SMAN 1 Kota Batu.
SMA Negeri 1 Batu diduga lakukan pungli mengatasnamakan komite sekolah. (SJP)

KOTA BATU – Wali Murid SMAN 1 Kota Batu mengeluhkan biaya tambahan yang diminta oleh pihak sekolahan, atas nama komite sekolah.

Dengan adanya dugaan pungli mengatasnamakan komite sekolah ini, pihak sekolah berdalih jika tarikan tersebut untuk keperluan wisuda dan lomba lomba, juga untuk membayar gaji guru honorer.

Waka Kesiswaan SMAN 1 Batu Sugihardi, menegaskan, jika sekolah menanggung gaji guru honorer yang tidak mendapatkan pagu dan Bantuan Operasional Sekolah Nasional (Bosnas) dan Biaya Penunjang Operasional Penyelenggaran Pendidikan (BPOP).

"Komite sekolah bersama semua wali murid sudah sepakat untuk biaya tambahan ini, karena memang uangnya ya kembali ke siswa dan untuk menggaji guru honorer, karena tidak bisa diambilkan dari dana BOS," bantah dia.

Sekadar informasi, dalam Permendikbud nomor 2 tahun 2022 tentang petunjuk teknis alokasi BOS mengatakan bahwa 50 persen dari dana BOS bisa dialokasikan untuk gaji guru honorer.

Terpisah, Ketua Komite Sekolah SMAN 1 Batu memastikan, bahwasanya pihaknya tidak memaksakan untuk biaya yang dikenakan kepada wali murid dan sifatnya sukarela.

Pihaknya tidak mengetahui kalau ada oknum yang melakukan pemaksaan dalam penarikan biaya kepada wali murid.

"Pembayaran bervariasi, mulai nominal Rp 20 ribu bahkan ada yang nol rupiah. Dimulai pada tahun ajaran 2021 - 2022 dan 2022 - 2023, ditahun lalu kami mendapatkan Rp 752 juta dari hasil Tarakan dan saat ini sisa Rp 30 ribu, saya hanya menjalankan kewajiban," papar Mahfud.

Namun, dari pengakuan salah satu wali murid yang tidak berkenan disebutkan identitasnya, mengaku jika dari pihak sekolah mewajibkan dengan menentukan nominal Rp 75 ribu persiswa.

"Saya sebagai wali murid hanya bisa pasrah mematuhi kebijakan sekolah, meskipun bagi saya nominal tersebut berat bagi saya," ungkapnya

Pengakuan dari pihak wali murid, menjadi kejanggalan, bahwa pernyataan komite dan oknum pungli sangat bersimpangan bahkan berbeda.

Sementara itu, harapan wali murid SMA Negeri 1 Batu, mendatang supaya tidak memberatkan biaya yang harus dibayarkan. (Syaiful Islam)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pungli Mengatasnamakan Komite Sekolah Membuat Resah Wali Murid SMAN 1 Kota Batu.

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT