Kamis, 09 Februari 2023
Peristiwa Daerah

Ratusan Burung dari Bali Gagal Diselundupkan, Kini Dilepasliarkan di Hutan

profile
Ikhwan

18 Januari 2023 18:35

1.3k dilihat
Ratusan Burung dari Bali Gagal Diselundupkan, Kini Dilepasliarkan di Hutan
Penyelundupan ratusan ekor burung berhasil digagalkan petugas.

BANYUWANGI - Penyelundupan ratusan ekor burung dari Bali ke Jawa berhasil digagalkan petugas di Pelabuhan Ketapang. Jumlahnya mencapai 789 ekor. Pihak berwenang akhirnya memilih melepasliarkan ke hutan.

Ratusan burung itu tidak dilengkapi dengan dokumen yang sah. Ditambah lagi, beberapa burung di antaranya masuk kategori dilindungi.

“Teman-teman dari Balai Karantina Wilayah Kerja Ketapang yang mengamankan,” kata kasi Konservasi wilayah V Banyuwangi, BBKSDA Jawa Timur, Purwantono, Rabu (18/1/2023).

Purwantono menyebut alasan penyitaan ratusan burung itu karena tidak dilengkapi dokumen sah. Sehingga pihak yang membawa burung-burung tersebut langsung diminta putar balik. Selanjutnya burung dilepasliarkan di hutan wilayah Taman Nasional Bali Barat. 

"Kalau karantina langsung ditolak kalau tidak ada dokumennya. Langsung di lepas di Bali, dikembalikan," ujarnya.

Saat mengamankan burung-burung tersebut, lanjutnya, pihak Balai Karantina sempat berkoordinasi dengan pihak BKSDA. Pihak BKSDA diminta mengecek burung-burung tersebut apakah masuk burung yang dilindungi atau tidak.

"Mereka minta identifikasi (burung yang diamankan)," tegasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi, AKP Ali Masduki membenarkan adanya dugaan penyelundupan burung dari Bali melalui Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Menurutnya, pihaknya hanya memback-up pihak Balai Karantina.

Dia menjelaskan, penggagalan penyelundupan ratusan burung itu dilakukan pada Kamis, 12 Januari 2023 lalu. Burung tersebut diangkut sebuah bus. Burung-burung tersebut diambil dari Denpasar dan hendak dibawa ke Yogyakarta.

"Total ada 789 burung berbagai jenis, tanpa dilengkapi surat kesehatan hewan dari Kantor karantina Hewan dan tumbuhan," ujarnya. (*)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Ratusan Burung dari Bali Gagal Diselundupkan, Kini Dilepasliarkan di Hutan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT