Selasa, 24 Mei 2022
Peristiwa Daerah

Rumdin Kapolsek Kencong Jember Dikepung Lebah Cerana Liar, Evakuasi Datangkan Ahli

profile
Rochul

30 Maret 2022 00:05

407 dilihat
Rumdin Kapolsek Kencong Jember Dikepung Lebah Cerana Liar, Evakuasi Datangkan Ahli
Kondisi Rumah lebah liar saat di evakuasi Pembudidaya. (Suara Jatim Post)

JEMBER – Rumah dinas,(Rumdin) Kapolsek Kencong, Polres jember Ajun Komisaris Polisi Adri Susanto SH ditempati ribuan lebar liar jenis Cerana.

Akibat teror lebah tersebut, Kapolsek hampir pindah tempat karena keluarga juga ketakutan jika nanti si lebah merasa terganggu tiba tiba menyengat dirinya maupun keluarganya yang bertempat di rumdin Mapolsek Kencong.

Lebah yang sudah bersarang di atap genteng rumdin tersebut semakin hari semakin besar dan penghuninya juga semakin bertambah, meski terbilang lebah madu namun Kapolsek sangat khawatir karena bisa dipastikan memiliki sengat yang berbisa.


"Semakin hari semakin banyak, jenis lebah madu yang bersarang di atap rumah dinas tersebut, jadi agar lebah tidak terganggu saya memanggil ahli lebah dan madu untuk melakukan evakuasi namun jangan sampai menyakiti hewan tersebut," kata Akp Adri Santoso Kapolsek kencong, Selasa,(29/3/2022) Sore.

Dari situlah akhirnya, salah satu warga Dusun Pondok Waluh, Desa kencong bernama Shahrul pemilik usaha dan penjual madu bermerk kencong kota tua tersebut dipanggil dan disuruh Evakuasi dan membudidayakan lebah penghasil madu tersebut.

"Iya mas, saya dikabari pak Kapolsek untuk melihat jenis lebah ini, ternyata ini lebah penghasil madu dan berjenis Cerana, jadi saya evakuasi dan kami masukan Ratu lebah tersebut dari atap genting rumah dinas lalu sambil menunggu semua lebah masuk kedalam kotak yang sudah saya siapkan dan lalu saya bawa pulang untuk dibudidaya," ungkap Shahrul.

Tidak hanya itu saja, shahrul juga mengungkapkan jika jenis lebah ini tidak begitu berbahaya meski menyengat, berbeda dengan tawon endas yang memiliki bisa yang membuat orang jika di sengat bisa dipastikan sakit mendadak karena racun toksin yang mereka keluarkan.


"Ini jenis lebah madu tidak berbahaya, jadi saya budidayakan, dan saya kebetulan memang penjual madu dan juga dirumah budidaya lebah jenis apapun dan termasuk lebah liar jenis Cerana ini," imbuh Shahrul.

Evakuasi lebah madu tersebut dibilang lama, memakan waktu hingga 2 jam karena kondisi ratu lebah harus di giring pelan pelan untuk masuk kotak yang sudah disiapkan, karena jika kasar waktu memindahkan dipastikan akan kabur dan lebih parah bisa menyerang ribuan lebah bersama sama.(Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Rumdin Kapolsek Kencong Jember Dikepung Lebah Cerana Liar, Evakuasi Datangkan Ahli

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT