Senin, 28 November 2022
Peristiwa Daerah

Selain Trauma Healing, Korban Longsor Di Jember Terima Pengobatan Gratis

profile
Rochul

21 Oktober 2022 11:03

413 dilihat
Selain Trauma Healing, Korban Longsor Di Jember Terima Pengobatan Gratis
Tim Gabungan saat memberikan Pengobatan Gratis Bagi Korban Longsor Kecamatan Sumberbaru Jember.

JEMBER - Tim medis Puskesmas Sumberbaru Kabupaten Jember, melakukan pemeriksaan terhadap korban longsor yang rumahnya tertimbun material longsoran di Dusun Krajan, Desa Jambesari Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember, Jum'at,(21/10/2022).

Pemeriksaan tersebut bertujuan untuk meringankan beban dan menjamin kesehatan korban longsoran yang berada dikawasan tersebut. 

Selain cek kesehatan, juga pihak tenaga kesehatan bersama tim gabungan TNI-Polri memberikan edukasi dan juga trauma healing terhadap para korban yang selama ini rumah dan barang berharga mereka lenyap akibat longsor yang terjadi beberapa waktu lalu.

Untuk pengobatan sendiri menyasar pada lansia dan anak kecil.

Kepala Puskesmas Sumberbaru Dr Ivan Aldiansyah Halim dan juga beberapa anggota TNI Polri ikut dalam kesempatan tersebut membantu mencarikan akses jalan guna mencapai lokasi perumahan dinas perkebunan, tempat para korban mengungsi sementara, karena kondisi Medan memang saat ini masih sulit dan curah hujan tinggi.

"Meskipun tidak ada keluhan dari korban longsoran, tugas kami sebagai tenaga kesehatan, hadir untuk menjamin kesehatan bagi seluruh masyarakat, apalagi ini korban longsoran, jelas secara psikis mereka terganggu, " Kata Dr Ivan Aldiansyah Halim, Kepala Puskesmas Sumberbaru.

Lebih lanjut Dr Ivan menjelaskan, jika setelah dilakukan pemeriksaan secara mendalam bagi dua keluarga Rusiana dan Rusmin, dan dari hasil analisa  diketahui ada beberapa gangguan kesehatan mulai dari influenza hingga darah tinggi. 

"Kami beri obat obatan, vitamin juga suntikan motivasi bagi korban bencana tanah longsor ini, supaya bisa kembali pulih dan bisa kembali beraktivitas. Mengingat mereka para korban secara ekonomi juga sulit, diperparah terkena longsoran," ungkap Dr Ivan Aldiansyah Halim.

Perlu diketahui, sudah memasuki hari ke  6 bencana tanah longsor yang menyebabkan dua rumah tertimbun longsor  yaitu di desa Jambesari Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember. 

Saat ini pemerintah kabupaten jember tengah berupaya mencari solusi kepada korban longsor dan mengantisipasi ancaman longsor yang kerap kali terjadi dikawasan tersebut.(Lum)

Publisher : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Selain Trauma Healing, Korban Longsor Di Jember Terima Pengobatan Gratis

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT