Jumat, 03 Februari 2023
Peristiwa Daerah

Sempat Dilaporkan Hilang, Dua Nelayan Situbondo Ditemukan Selamat

profile
Sarwo

08 Desember 2022 20:15

871 dilihat
Sempat Dilaporkan Hilang, Dua Nelayan Situbondo Ditemukan Selamat
Muhajib (47) salah satu nelayan selamat saat diserahkan petugas gabungan ke pihak keluarganya (SJP)

KABUPATEN SITUBONDO – Dua nelayan yang sempat dilaporkan hilang  saat melaut di perairan Kalbut, Kecamatan Mangaran, Kabupaten  Situbondo, ditemukan dalam kondisi selamat, Kamis (8/12/2022).

Sumber data yang diperoleh, peristiwa berawal saat kedua korban asyik mencari ikan. Tiba-tiba mesin motor perahunya mati dan mengakibatkan perahu kayu motor tempel yang ditumpangi kedua nelayan  itu, terombang-ambing ombak hingga perairan perbatasan antara perairan Kalbut, Situbondo dengan perairan Pulau Sepudi, Madura.

Beruntung, di saat  kedua korban dan perahu kayunya  terombang -ambing di tengah laut, ada salah satu perahu lain yang ditumpangi Amir yang masih tetangga korban, melintas didekatnya saat hendak mencari ikan.

Sehingga kedua nelayan tersebut langsung dievakuasi dan beri minum oleh nelayan yang menolongnya. Perahu milik korban kemudian langsung ditarik.

"Setelah sempat terombang-ambing selama dua hari ditengah laut dan hanya berbekal roti dan air minum, Alhamdulillah, saya mendapat pertolongan dari Allah SWT, sehingga saya masih diberi  kesempatan untuk  hidup,"ucap Muhajib, Kamis (8/12/2022) siang.

Kasatpolirud Polres Situbondo AKP Hasanudin  membenarkan, dua orang nelayan yang sempat dinyatakan hilang, ditemukan dalam kondisi selamat.

“Setelah dilaporkan hilang saat melaut oleh keluarganya, Alhamdulillah keduanya nelayan  ditemukan dalam kondisi selamat, setelah mesin  perahunya mati di perbatasan antara perairan Kalbut dengan perairan Sepudi   Madura,” ujar AKP Hasanudin.

Dari pengakuan Pak Amir, salah seorang nelayan yang menolong  kedua korban, lanjut Kasat Polairud, kedua nelayan tersebut dievakuasi pada Rabu (7/12/2022) kemarin, namun kedua korban diajak untuk mencari ikan, mengingat saat itu masih berangkat mencari ikan.

"Setelah mendapat informasi dua nelayan berhasil diselamatkan, dengan menggunakan speadboat petugas gabungan langsung mengevakuasi keduanya dari perahu miliik Pak Amir. Selanjutnya, kami langsung menyerahkan kedua nelayan tersebut kepada keluarganya, setelah sebelumnya dibawa ke puskesmas setempat untuk mendapat pertolongan medis,"pungkas AKP Hasanudin.

Diberitakan sebelumnya, dua nelayan asal Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, dilaporkan hilang saat melaut di perairan setempat, Rabu 7 Desember 2022.

Diperoleh keterangan, sebelum dilaporkan hilang, dua nelayan yang diketahui bernama Muhajib (47) dan Niwan (50) warga setempat, berangkat melaut mencari ikan di perairan Kalbut, Kecamatan Mangaran, Situbondo, menggunakan perahu kayu motor tempel, Senin sore 5 Desember 2022 sekitar pukul 14.00 WIB.

Menurut Hartini (37) istri Muhajib, seharusnya suaminya sudah kembali kerumah. Namun hingga Rabu pagi 7 Desember 2022 belum pulang, pihak keluargapun langsung melakukan pencarian.

"Sejak pagi hari keluarga saya langsung melakukan pencarian hingga ke pulau Sapudi Madura. Namun hingga sore tadi tidak kunjung diketahui keberadaanya, hingga akhirnya keluarga saya melaporkan ke Mapolsek Mangaran,"tutur Hartini, istri Muhajib. (Sarwo)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Sempat Dilaporkan Hilang, Dua Nelayan Situbondo Ditemukan Selamat

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT