Minggu, 22 Mei 2022
Peristiwa Daerah

Sempat Hilang, Begini Kondisi Pendaki di Kawah Ijen Saat Ditemukan

profile
Ikhwan

08 Mei 2022 17:03

434 dilihat
Sempat Hilang, Begini Kondisi Pendaki di Kawah Ijen Saat Ditemukan
Proses pencarian korban di Perengan Jurang TWA Kawah Ijen (Dok. Tim Basarnas/SJP))

BANYUWANGI - Seorang pendaki di Taman Wisata Alam Kawah Ijen dilaporkan menghilang, sejak Sabtu (7/5/2022) dini hari kemarin. 

Setelah hampir 24 jam menghilang, korban akhirnya ditemukan.

Dalam sebuah unggahan video yang beredar di media sosial saat ditemukan korban dalam posisi bertelanjang dada dan menangis.

Korban, Gafila Dabi Ardriani (19) beralamat di Desa Banyuanyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso.

Kepala Pos SAR Banyuwangi Wahyu Setya Budi mengatakan korban bersama 13 rekannya mendaki TWA Kawah Ijen Sabtu (7/5/2022) sekira pukul 02.00 WIB.

Rombongan sampai di puncak sekira pukul 04.00 WIB. Selanjutnya 14 orang ini terpencar. Korban hanya bersama seorang rekannya.

"Sekitar jam 05.00 WIB rekan korban mengajak turun karena tidak kuat menahan hawa dingin," kata Wahyu, Minggu (8/5/2022).

Baru berjalan sekitar 500 meter, korban mengeluh sakit perut. Entah karena apa, korban justru kembali menuju puncak. Rekan meneruskan perjalanan menuju dasar atau pos pintu masuk.

Rekan korban sudah sampai di pos terlebih dahulu, namun hingga pukul 07.30 WIB korban tak kunjung kembali. Rekan yang khawatir lantas menelepon korban.

"Telepon sempat dijawab korban dan mengatakan sudah pulang sampai di rumah. Sekira jam 09.00 rekan korban memutuskan untuk pulang," ujarnya.

Namun sekitar pukul 10.00 WIB salah seorang rekan ditelepon orang tua korban dan ditanya perihal keberadaan korban yang hingga siang belum juga pulang.

Korban pun ditelepon namun tidak menjawab. Setelah ditunggu sampai sore dan selanjutnya sekira jam 20.30 keluarga melaporkan hal tersebut ke petugas jaga Paltuding TWA Kawah Ijen.

Setelah mendapat kabar petugas langsung dikerahkan untuk melakukan pencarian. Sekira pukul 10.35 WIB korban berhasil ditemukan.

"Korban ditemukan disebuah perengan jurang. Kondisinya selamat dan tersadar namun lemas. Oleh keluarga korban dibawa ke Puskesmas," tandasnya.

Editor: Noordin Djihad

Tags
Anda Sedang Membaca:

Sempat Hilang, Begini Kondisi Pendaki di Kawah Ijen Saat Ditemukan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT