Kamis, 11 Agustus 2022
Peristiwa Daerah

Sengketa Waris Berujung Eksekusi Bangunan di Kota Batu

profile
Doi

28 Juni 2022 15:06

634 dilihat
Sengketa Waris Berujung Eksekusi Bangunan di Kota Batu
Sengketa waris, villa dan rumah tinggal dirobohkan. (SJP)

KOTA BATU – Pembongkaran villa dan rumah tinggal di Jalan Kenanga, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, dirobohkan oleh pengadilan agama Senin siang (28/6/2022), buntut dari sengketa waris anak angkat dan saudara kandung ayah angkat.

Kasus sengketa waris antara anak angkat Muhammad Sidik, yang bernama Wardii, dengan Wuriati dan Sumiatin yang notabene merupakan saudara kandung dari Muhammad Sidik.

Kuasa Hukum Wuriati dan Sumiatin, Suwito SH MH mengatakan, bahwa Wardii yang merupakan tergugat diketahui telah menguasai harta dari ahli waris secara sendirian tanpa membagi dengan saudara kandung Muhammad Sidik.

"Pelaporan terjadi pada 2019 lalu dan proses mediasi selama tiga tahun. Namun karena tergugat bersikukuh tak mau membagi hartanya maka langkah inilah yang ditempuh," urainya.

Suwito memaparkan, bangunan yang dirobohkan berupa bangunan rumah tinggal dan villa dengan luasan sekitar 300 meter persegi diatas tanah 9000 meter persegi. 

Diketahui, bangunan tersebut ditaksir memiliki nominal sekitar Rp 1 miliar dan telah ditempati oleh tergugat sejak tahun 1980.

Wito menambahkan, pembongkaran ini dilakukan berdasarkan dengan surat putusan Eksekusi Riil dari Pengadilan Agama Malang nomor 0451/Pdt.G/2019/PA.Mlg. 

"Ini juga jadi peringatan bagi anak angkat untuk berbaik-baik dengan saudara-saudaranya, karena kalau terjadi sengketa nanti kasihan, karena sesuai hukum positif indonesia sudah mengatur hal itu," imbuhnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Batu Kompol Novian Widyantoro menegaskan dalam eksekusi ini pihaknya menerjunkan 30 personil untuk melakukan pengamanan.

"Sejauh ini masih kooperatif dan tidak ada gejolak yang menonjol. Semoga nanti bisa berjalan lancar sampai akhir," tandasnya.

Sebagai informasi, meski proses eksekusi oleh pihak pengadilan tersebut memantik perhatian massa, namun hingga rampungnya proses eksekusi tidak terjadi gesekan sedikitpun. (Doi Nuri)

Editor: Redaksi

Tags
Anda Sedang Membaca:

Sengketa Waris Berujung Eksekusi Bangunan di Kota Batu

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT