Jumat, 03 Februari 2023
Peristiwa Daerah

Setiap Hari Terjadi Kecelakaan Akibat Jalan Rusak Karena "ODOL"

profile
Rochul

05 Januari 2023 06:52

2.2k dilihat
Setiap Hari Terjadi Kecelakaan Akibat Jalan Rusak Karena "ODOL"
Jalan Provinsi Jember-Lumajang Tepatnya Jalan Raya Kencong Rusak Sebabkan Korban Jatuh. (SJP)

KABUPATEN JEMBER – Beberapa lubang berdiameter lebar 1 meter, dan panjang kurang lebih 3 meter, di ruas Jalan Raya Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember setiap hari sebabkan kecelakaan.

Saksi mata Hadi, warga sekitar menyampaikan jika kecelakaan selalu terjadi, dan parahnya untuk hari ini sudah 5 kali sebabkan orang terjatuh hingga terluka, pada Rabu malam 4 Januari 2023.

Dikatakan Hadi, insiden yang baru terjadi menimpa seorang wanita asal desa Wonorejo bernama Nana, terjatuh karena lubang jalan saat ia pulang belanja.

"Sehari ini saja sudah 5 kali mas, beberapa hari lalu juga ada, dan kemarin juga ada, dan sering lah mas disini. Malah ini tadi korban lebih parah, dia terjatuh terguling dan beruntung tidak ada truk melintas," keluh Hadi menuturkan.

Hadi juga berharap untuk jalan segera diperbaiki, karena tidak hanya disini saja jalan rusak, dibeberapa titik kecamatan kencong juga rusak karena sering dilewati truk muatan berlebih.


"Harusnya truk muatan berlebih tidak lewat disini, ini bisa dilihat truk melebihi tonase melintas terus, sudah banyak korban jiwa disini mas," sahut warga bernama Faisol menyampaikan.

Perlu diketahui, Jalan Raya Jember Selatan, hingga saat ini masih dilewati truk bermuatan berlebih atau istilahnya Truk ODOL,(Over dimensi over loading-red).

Padahal beberapa bulan lalu, pihak Dinas Perhubungan Jawa Timur sudah melakukan sosialisasi dan mengumpulkan kepala dinas perhubungan kabupaten.

Pada pertemuan itu, di instruksikan jika pada tahun 2023 odol tidak boleh lagi melintas.

Untuk diketahui, di kabupaten lain juga dilakukan hal yang sama, dan sudah diberlakukan. Namun berbeda di Jember, odol bebas berkeliaran dan tidak ada tindakan sama sekali.

Akibat-seringnya muatan berlebih atau odol disinyalir sebagai dampak perusak jalan rusak.

Dari beberapa rentetan atas peristiwa terjadi tersebut, masyarakat berharap agar truk muatan berlebih segera dihentikan.

Perlu diketahui, setiap hari ada ratusan truk muatan berlebih lalu lalang hingga 24 jam dikawasan Jember selatan. (Ulum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Setiap Hari Terjadi Kecelakaan Akibat Jalan Rusak Karena "ODOL"

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT