Senin, 28 November 2022
Peristiwa Daerah

Sidak Apotek di Jember, Obat Kandungan Etilen Glikol Langsung Dipisahkan Penjual

profile
Rochul

24 Oktober 2022 19:51

497 dilihat
Sidak Apotek di Jember, Obat Kandungan Etilen Glikol Langsung Dipisahkan Penjual
Sidak Dinas Kesehatan Kabupaten Jember Bersama BPOM. (SJP)

JEMBER – Menindaklanjuti serta tanggapi soal isu obat sirup mengandung Etilen Glikol yang memicu gagal ginjal akut progresif atipikal, Sejumlah apotik di Jember disidak oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember bersama dengan Tim Lok BPOM setempat.

Sidak yang juga diikuti oleh Siedokkes Polres Jember, Satpol PP Jember, dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Jember. Diketahui obat sirup yang mengandung Etilen Glikol, sudah tidak dijual serta dipisahkan dari pajangan toko.

“Untuk sidak yang dilakukan ini. Terkait dengan kabar yang ada di masyarakat, bahwa ada obat sirup anak mengandung Etilon Glikol. Kami menyikapinya, dengan melakukan sidak ke sejumlah apotik di Jember,” kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Kabidyankes) Dinkes Jember dr. Santi Indriasari, Senin (24/10/2022).

Kami sebagai pelayanan masyarakat harus sigap dalam hal pencegahan dini dan antisipasi dengan cara lakukan sidak.


“Dengan tujuan, untuk memastikan. Bahwa apotik yang ada di Jember mengikuti arahan dari pemerintah. Bahwa obat sirup yang tidak direkomendasikan oleh BPOM tidak diperjualbelikan bebas,” sambungnya.

Terkait sidak yang dilakukan, lanjut Santi, sejumlah apotik di Jember dipastikan sudah mengikuti himbauan pemerintah saat ini.

“Yakni dengan (dipisahkan dan tidak dijual), oleh pihak apotek. Bahkan untuk di etalase toko, obat-obatan sirup tersebut sudah tidak dijual ke masyarakat. Bahkan masyarakat sendiri sudah memilih dan memilah obat yang mengandung Etilen Glikol itu untuk tidak dibeli,” ungkap dokter Santi.

Namun demikian, sebagai langkah antisipasi peredaran obat sirup yang mengandung Etilen Glikol. Apotek di Jember dihimbau untuk membuat dan memasang banner pemberitahuan disetiap masing masing gerai obat.

“Untuk hati-hati terhadap keberadaan obat-obat sirup yang mengandung etilen glikol itu,” katanya.

Terpisah salah satunya pegawai apotek , terkait peredaran obat sirup yang mengandung Etilen Glikol di Jember. Nurlaili, mengaku sudah mengetahui himbauan pemerintah. 

Juga dari pihak pemilik apotek, sudah berinisiatif untuk tidak menjual obat sirup yang dinilai berbahaya itu.

“Kami dihimbau Owner untuk tidak memberikan obat sirup apapun untuk sementara ini, karena ini masalah kesehatan bukan masalah uang,” kata Nurlaili.

Perlu diketahui, untuk sidak ke sejumlah apotek di Jember itu. Dilakukan di beberapa wilayah kecamatan di Jember. Diantaranya Apotek Della Farma Arjasa, Toko Obat Sumber Sehat dan Apotek Chrisnanda Kalisat, Apotek Mayang Sehat, dan Apotek Pakusari.

Serta apotek lain yang berada di Kecamatan Patrang, Sumbersari, Rambipuji, dan Kecamatan Balung.(Ulum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Sidak Apotek di Jember, Obat Kandungan Etilen Glikol Langsung Dipisahkan Penjual

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT