Selasa, 28 Juni 2022
Peristiwa Daerah

Sikapi Kasus Penipuan Ngaku Inspektorat, Kepala Inspektorat Ingatkan ASN Hati hati

profile
Rochul

18 Mei 2022 18:57

443 dilihat
Sikapi Kasus Penipuan Ngaku Inspektorat, Kepala Inspektorat Ingatkan ASN Hati hati
Pelaku saat di gelandang di Mapolsek Kencong. (Rochule/SJP)

JEMBER - Kepala Inspektorat Jember Ratno Cahyadi Sembodo berpesab agar ASN lebih waspada dan berhati-hati terhadap orang yang mengaku sebagai penyidik dari inspektorat.

Pesan ini menyusul tertangkapnya tersangka penipuan, Hendra (44) warga Perum Taman Gading Blok AY 28, Muktisari, Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates, Jember, Selasa (17/5/2022).

"Berkaca dari kejadian di Desa Kraton, ada oknum yg mengaku-ngaku personel Inspektorat, kami mengimbau kepada seluruh ASN, Kades dan perangkat desa agar tidak mudah percaya," tegasnya, Rabu (18/5/2022).

Apalagi, lanjutnya, oknum tersebut mengancam atau memeras, bahkan menakut-takuti terhadap suatu kegiatan/proyek yg sedang dikerjakan.

Ratno juga berpesan, jika menemui persoalan kedisiplinan ASN di lingkungan Pemkab Jember sebaiknya langsung dilaporkan kepada camat masing-masing, atau langsung konfirmasi kepada Inspektorat.

Menurut Ratno, Lembaga Inspektorat sebagai institusi akan mengedepankan aspek pembinaan kepada perangkat daerah sesuai ketentuan yang berlaku.

"Kami juga tegas, tidak akan melibatkan pihak ketiga di luar kelembagaan yang resmi," imbuhnya.

Di tempat terpisah Bupati Jember Hendy Siswanto, menilai pengungkapan kasus oknum yang mengaku sebagai penyidik inspektorat sebagai langkah tepat.

"Ini menjadi koreksi bagi kami dan terima kasih temen-temen media, informasi ini bisa (langsung) ditangani oleh petugas yang berwajib," katanya. 

Sebelumnya diberitakan, seorang pria bernama Hendra (44) warga Perum Taman Gading Blok AY 28, Muktisari, Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates, Jember diringkus anggota Reskrim Polsek Kencong, Selasa (17/5) malam.

Pria tersebut mengaku sebagai pejabat penyidik Inspektorat Pemkab Jember, melakukan penipuan terhadap seorang warga di Kecamatan Kencong.

Dari tangan tersangka, polisi mengamankan barang bukti uang Rp 4 juta hasil menipu kepada warga.

Tersangka kepada korban berjanji akan menyelesaikan persoalan kasus PNS yang menjerat mantan Sekdes Kraton, Muhajir, perihal persamaan jalan desa.

Dari pengakuan pelaku yang disampaikan Kapolsek kencong, Akp Adri Santoso SH, jika pelaku ini melakukan penipuan sendiri.

"Pelaku memang semalam kita amankan dan saat ini yang bersangkutan kita mintai keterangan lebih dalam," terang Kapolsek.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Sikapi Kasus Penipuan Ngaku Inspektorat, Kepala Inspektorat Ingatkan ASN Hati hati

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT