Selasa, 24 Mei 2022
Peristiwa Daerah

Soft Launching Huntap dan Huntara Bagi 130 Keluarga Penyintas

profile
Achmad

27 April 2022 20:33

354 dilihat
Soft Launching Huntap dan Huntara Bagi 130 Keluarga Penyintas
Gubernur Khofifah saat mengunjungi Lumajang. (SJP)

LUMAJANG - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansah melakukan Soft Launching Hunian Tetap (Huntap) dan Hunian Sementara (Huntara) yang ditandai dengan penyerahan kunci rumah dan SK Penempatan Hunian secara simbolis. 

Dari pantauan awak media, tahap awal ada sebanyak 130 KK yang akan menempati hunian di blok F1 dan F2.

130 keluarga penyintas erupsi Gunung Semeru kini mulai dapat tersenyum bahagia, pasalnya mereka saat ini dapat menempati hunian baru di Bumi Semeru Damai, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Rabu (27/4/2022) siang tadi.

Gubernur Khofifah Indar Parawansah menjelaskan, peresmian kali ini bersifat sementara sembari menunggu Grand Launching agar masyarakat yang tinggal di pengungsian bisa terlebih dulu menempati hunian di tempat relokasi.

"Ini baru permulaan dilakukan Soft aunching itu peresmian sementara bagi panjenengan bisa menempati di Bumi Semeru Damai, luar biasa indahnya semoga indah juga kehidupannya," jelasnya.

Khofifah mengungkapkan, penggunaan nama hunian Bumi Semeru Damai merupakan usulan Dandim 0821/Lumajang saat meninjau calon lokasi pembangunan Huntap maupun Huntara pada bukan Februari lalu. 

"Rasanya usulan pak Dandim waktu itu luar biasa berkesesuaian dengan indahnya landscape semoga mendatangkan keindahan dan kedamaian bagi masyarakat yang tinggal di tempat ini," papar politisi PKB ini.

Sementara Bupati Lumajang menerangkan, prioritas pemindahan penyintas ke hunian baru bagi mereka yang tinggal di posko pengungsian. Sehingga masyarakat bisa dapat berkumpul dan menyambut Hari Raya Idul Fitri di tempat yang lebih aman dan nyaman bersama keluarganya.

"Ini bulan puasa penuh berkah masyarakat yang terdampak semeru akan mulai menempati hunian baru di Bumi Semeru Damai, tahap awal ada 130 keluarga yang akan menempati," jelas Bupati Lumajang, Thoriqul Haq pada Soft Launching Penempatan Hunian Baru Penyintas Semeru.

Memang, kata politisi PKB ini, bagi masyarakat yang tinggal di pengungsian Desa Penanggal diprioritaskan terlebih dahulu, agar di tempat pengungsian bisa tinggal dan berhari raya di tempat yang lebih layak bersama keluarga.

Editor: Doi Nuri

Tags
Anda Sedang Membaca:

Soft Launching Huntap dan Huntara Bagi 130 Keluarga Penyintas

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT