Rabu, 07 Desember 2022
Peristiwa Daerah

Stok Pangan Warga Sukamade Banyuwangi Menipis

profile
Ikhwan

15 Oktober 2022 19:36

564 dilihat
Stok Pangan Warga Sukamade Banyuwangi Menipis
Longsor dusun Sukamade

BANYUWANGI - Sebanyak 300 KK di Dusun Sukamade, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi terisolir. Mereka tak bisa keluar masuk dusun, lantaran akses jalan yang masih tertutup material longsor. 

Tak hanya jalan yang tertutup kayu dan material lumpur, kabel listrik di wilayah tersebut juga putus. Untuk alasan keamanan imbasnya PLN pun sementara memberhentikan pasokan listrik ke dusun yang berada di kawasan TN Meru Betiri tersebut.

Warga setempat saat ini mengeluhkan kurangnya bahan makanan. Sebab sudah dua hari ini kendaraan pemasok bahan makanan tak bisa melalui jalur yang masih tertutup timbunan longsor.

 mengatakan, saat ini warganya yang terisolir sudah mengeluhkan kurangnya bahan makanan. 

"Stok makanan di Dusun Sukomade sudah mulai menipis," ujar Kepala Dusun Sukamade, Fery Nafaro kepada wartawan, Sabtu (15/10/2022). 

Bahkan, beberapa toko yang menjual bahan makanan pun saat ini stoknya menipis. Hal ini jika berlanjut hingga beberapa hari kedepan, warga Sukamade terancam kelaparan. 

Fery mengaku, di Dusun Sukamade terdapat 298 warga. Mereka adalah pekerja kebun, petani dan pekerja di destinasi wisata. 

"Kalau ini dibiarkan. Maka warga saya akan kelaparan," keluhnya. 

Dia mengaku, saat iki stok bahan makanan di wilayahnya hanya bisa bertahan 2 hingga 3 hari kedepan. 

"Mudah-mudahan segera dilakukan pembersihan. Kita harap bantuan segera datang untuk warga yang saat ini terisolir," pungkasnya. 

Diberitakan sebelumnya, bencana tanah longsor kembali terjadi di jalur menuju destinasi wisata Sukamade, Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi. Kali ini tebing di kilometer 6 dan 7 longsor. Tanah bercampur lumpur dan beberapa pohon tumbang di kawasan tersebut. 

Sebelumnya, longsor terjadi di kilometer 8, pada Jumat pagi (14/10/2022). Sebanyak 5 pohon besar tumbang dan tanah bercampur lumpur menutupi akses jalan. Sebanyak 300 KK terisolir imbas dari kejadian itu.

Publisher : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Stok Pangan Warga Sukamade Banyuwangi Menipis

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT