Rabu, 07 Desember 2022
Peristiwa Daerah

Sumbatan Sampah Jadi Pemicu Banjir di Banyuwangi

profile
Ikhwan

18 Oktober 2022 08:10

346 dilihat
Sumbatan Sampah Jadi Pemicu Banjir di Banyuwangi
Sampah yang menyumbat aliran sungai

BANYUWANGI - Penyebab banjir di wilayah kota akhirnya berhasil diungkap oleh petugas. Banjir setinggi 1 meter yang merendam sejumlah pemukiman penduduk itu dipicu oleh sumbatan sampah di aliaran sungai.

Kepala Dinas PU Pengairan Banyuwangi Guntur Priambodo menyebut, selain diakibatkan intensitas hujan tinggi. Banjir juga disebabkan adanya tumpukan sampah yang tersumbat.

Tumpukan sampah jenis rumpun bambu itu tertahan di jembatan aliran sungai Kali Sobo. Sehingga sungai tak mampu menampung debit air hingga meluber ke pemukiman penduduk.

"Setelah kita cek, penyebab parahnya banjir ini karena tersumbatnya jembatan dari sampah rumpun bambu," kata Guntur.

Dampaknya, air sungai tak bisa mengalir secara lancar dan meluap ke rumah-rumah warga.

"Rumpun bambu itu menyumbat kanan dan kiri jembatan. Sehingga pergerakan air tertahan. Karena tertampung di situ, akhirnya meluap," bebernya.

Saat ini, lanjut Guntur, pihaknya telah menerjunkan dua alat berat untuk mengevakuasi sampah rumpun bambu yang menyumbat saluran

"Alhamdulilah setelah rumpun bambu sebelah kiri sudah bisa diangkat, air sudah kembali lancar. Tinggal yang sebelah kanan, lagi ditangani," imbuhnya.

Guntur menyebut, setelah sampah-sampah itu berhasil dievakuasi secara keseluruhan, akan dibuang ke tempat penampungan.

"Kita bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), sampah rumpun bambu itu diangkut menggunakan truk sampah," cetusnya.

Guntur menambahkan, curah hujan yang mengguyur Banyuwangi sejak Minggu (16/10/2022) malam, memang dengan intensitas sangat tinggi.

"Curah hujan di hulu tepatnya di Licin, ternyata tercatat oleh penakar hujan kami sebesar 192 mm ini sangat luar biasa," bebernya.

Masih kata Guntur, banjir yang terjadi akibat luapan sungai Kali Sobo itu baru kali ini dengan debit air yang cenderung lebih tinggi.

"Kemungkinan ini debit banjir 50 tahunan, dengan curah hujan 192 mm sangat tinggi, di atas 100 mm itu sudah tinggi, ini dua kali lipatnya," pungkasnya.

Publisher : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Sumbatan Sampah Jadi Pemicu Banjir di Banyuwangi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT