Selasa, 28 Juni 2022
Peristiwa Daerah

Syaratkan PBB Lunas 60 Persen Untuk Pencairan ADD, Kades Mengeluh

profile
Achmad

23 Juni 2022 21:06

328 dilihat
Syaratkan PBB Lunas 60 Persen Untuk Pencairan ADD, Kades Mengeluh
Suhanto saat diwawancarai media. (SJP)

LUMAJANG - Sejumlah Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Lumajang keluhkan adanya permintaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang atas pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang disyaratkan untuk pencairan Alokasi Dana Desa (ADD), minimal lunas 60 persen.

Dari informasi yang didapat awak media, Pemkab Lumajang menunggu pembayaran PBB dari desa lewat 60 persen, baru kemudian ADD bisa dicairkan. 

"Tugas perbantuan pajak itu ada di UU Desa, dalam melakukan tugas perbantuan tersebut melibatkan Pemerintahan Desa (Pemdes)," ungkap Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Lumajang, Suhanto, Rabu (23/6/2022) dikediamannya.

Menurut Hanto, dalam urusan membantu, cuma ada hukuman jika tidak membantu, itu tidak memaksimalkan langkah Pemdes dalam memungut PBB.

"Hal ini akan menghambat proses pembangunan di wilayah desa, sebab tugas Kades adalah hanya sebatas perbantuan saja," tambah Kades Kebon Agung, Kecamatan Sukodono ini.

Suhanto juga berharap,  pajak yang nota bene tidak lunas, mungkin bisa disanksikan kepada teman-teman Kades yang membebaskan PBB kepada warganya seperti janji politiknya waktu pencalonan.

"Memaksimalkan pajak ini juga demi mendapatkan reward saat pelunasan pajak, namun tidak usah dituntut SPJ. Malah hasil reward dibuat pembangunan dan di SPJ-kan," imbuhnya.

Suhanto juga menghimbau kepada semua Kades diminta membantu pemungutan pajak menjadi lancar dari Pemerintah Daerah, sebab 10 persen DD dikembalikan untuk pembangunan desa.

Sedangkan menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Lumajang, Agus Triyono, kepada media ini menerangkan kalau pelunasan PBB itu sebagai bentuk tanggungjawab karena ADD bersumber dari PBB/retribusi.

"Terkait hal itu bisa langsung ke BPRD ya," jawab Sekda singkat via chat WhatsApp. (Fuad) 

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Syaratkan PBB Lunas 60 Persen Untuk Pencairan ADD, Kades Mengeluh

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT