Senin, 28 November 2022
Peristiwa Daerah

Air Tak Kunjung Mengalir, Begini Penjelasan Direktur PDAM Kota Mojokerto

profile
Andy

09 Agustus 2022 20:06

880 dilihat
Air Tak Kunjung Mengalir, Begini Penjelasan Direktur PDAM Kota Mojokerto
Kantor Perumdam Majatirta (PDAM) Kota Mojokerto

KOTA MOJOKERTO - Pelanggan perumdan Majatirta Kota Mojokerto mengeluhkan tidak mengalirnya air PDAM, sejak hari Sabtu (6/8/2022) pagi, air PDAM di Kota Nojokerto tak mengalir.

Salah satunya dikeluhkan oleh Yanto (58), warga Perumahan Magersari Indah. Ia mengeluhkan, tidak mengalirnya air PDAM sejak Sabtu pagi, sekitar pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

"Air pun kembali mengalir dari pukul 16.00-17.00, tetapi kurang maksimal. Bahkan hingga sekarang, Selasa (9/8/2022) sore pukul 18.10 WIB air belum juga mengalir," ungkapnya.

Tamgki PDAM Kota Mojokerto saat memberikan layananair bersih gratis


Tentu saja, dengan tidak mengalir PDAM ini menghambat kebutuhan warga atas air bersih seperti untuk mandi hingga mencuci, baik pakaian ataupun peralatan makan.

Menanggapi petmasalahan tersebut, Direktur Perumdam Majtirta, Bambang Ribut Sugiatnomo menyampaikan, jadi kalau PDAM itu melayaninya mulai kemarin normal-normal saja.

"Bahkan  saya masuk (menjabat Direktur) itu 90 persen sudah jalan semua. Artinya dahulu itu banyak yang tidak keluar airnya. Cuma kemarin itu, tiba-tiba terjadi kerusakan pada pompa intake kami," ungkap Bambang Ribut Sugiatnomo.

Lebih lanjut, Bambang Ribut Sugiatnomo mengatakan, itu diluar kehendak pihaknya. Dua dari empat pompa Intake yang dimiliki PDAM tiba-tiba rusak.

Upaya perbaikan yang dilakukan PDAM Kota Mojokerto

"Dua pompa intake ang rusak itu sedang diperbaiki di bengkel, jadi yang aktif masih ada dua, dimana masih bisa memenuhi kebutuhan pelanggan. Kemudian, tiba-tiba rusak satu lagi, karena memang pompa kami tersebut berusia kurang lebih 26 tahun," jelas Bambang.

Menurut Bambang, sejak Sabtu (6/8/2022) pagi  itu sudah gangguan. Karena pompa intake yang berfungsi cuma satu, maka tidak bisa memenuhi seluruh kebutuhan pelanggan di Kota Mojokerto.

"Oleh karena itu, saya pun menyampaikan di grup kota sehat, kepala OPD hingga Camat. Kalau memang mencukupi akan kami kirim dengan air tangki, karena sudah konsekuensi kami untuk melayani masyarakat," jelasnya.

Pompa Intake PDAM Kota Mojokerto

Pada hari Senin (8/8/2022), sambung Bambang, sebenarnya sudah bisa.  Ternyata malamnya pompa kami ngetrip, artinya ada bunyi triit, korsleting itu, karena takut terbakar maka terpaksa pihaknya matikan.

"Sehingga tadi pagi, Selasa (9/8/2022) pukul 08.00, kami kembali membuat pengumuman agar pelanggan mengetahuinya. Jika airnya mencukupi, serta pelanggan punya tandon, kami berikan air secara gratis melalui tangki," tuturnya.

Perlu diketahui, pompa intake adalah pompa air baku yang berfungsi menyedot air dari sungai. Terkait pompa intake dengan kapasitas 50 liter per detik itu mampu mengalirkan air ke 4.000 pelanggan (pompa baru). 

Saat ini, jumlah pelanggan di Kota Mojokerto sebanyak 5.600, sehingga dibutuhkan produksi 70 liter per detik dengan minimal 2 pompa intake.

Prosesnya, air sungai dimasukkan ke dalam tandon, lalu diproses melalui pompa intake tersebut ke dalam pipa, diproses, diberi bahan kimia, naik ke treatment, disana ada bak sedimentasi, dari bak tersebut lalu difilterisasi, dikasi disinfektan. Kemudian turun reservoar, lalu dipompa untuk distribusi ke pelanggan.

Editor : Syahrul 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Air Tak Kunjung Mengalir, Begini Penjelasan Direktur PDAM Kota Mojokerto

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT