Selasa, 27 September 2022
Peristiwa Daerah

TPA Pakusari Terbakar, Kobaran Api Belum Padam 14 Jam Lebih

profile
Rochul

20 Agustus 2022 12:26

362 dilihat
TPA Pakusari Terbakar, Kobaran Api Belum Padam 14 Jam Lebih
Kondisi Kebakaran yang terjadi di tempat pembuangan Akhir Pakusari Jember. (SJP)

JEMBER - Sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pakusari, Jember mengalami kebakaran sekitar pukul 18.30 WIB, Sabtu petang 19 Agustus 2022 kemarin.

Kebakaran di lokasi tumpukan sampah setinggi kurang lebih 7 meter tersebut, sampai saat ini belum diketahui penyebabnya.

Namun dari pantauan di lokasi kejadian, Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Pemkab Jember masih terus berusaha memadamkan kobaran api.

Namun selama 14 jam lebih sejak kejadian, kobaran api belum juga padam. 

Petugas damkar masih berjibaku dengan api. Mengerahkan 3 armada truk damkar dan kurang lebih 10 personel di lokasi kebakaran.

“Kejadian kebakaran setelah Magrib kemarin dan belum selesai sampai sekarang," kata Kabid Linmas Satpol PP Pemkab Jember yang membawahi Bidang Damkar dan Penyelamatan, Suyono Hadi Siswanto di lokasi kejadian, Sabtu (20/8/2022).

Hadi mengatakan, satu armada truk damkar dari Mako Pemkab Jember berangkat ke lokasi bersama 5 orang personel, kemudian ditambahkan satu armada lagi dari Mako, dan dari Pos Kalisat, total 3 truk damkar dan kurang lebih 10 orang personel.

"Titik api awalnya diketahui dari bawah tumpukan sampah dari bawah, kemudian ke atas. Tapi mirip istilah api dalam sekam.

Setelah terbakar, lanjut Hadi, pihaknya melakukan pencarian apakah masih ada kobaran api di dalam tumpukan sampah.

“Sampai pagi ini, dari tadi malam. Api terus berkobar,” sambungnya.

Hari ini, Damkar mengirim lagi dua armada truk, satu sampai di lokasi dari Pos Rambi, namun kembali karena ada kerusakan mesin.

"Kemudian berangkat dari Pos Ambulu, sampai JSG terpaksa balik kanan karena mesin mobil error. Gak jadi ke sini,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan, untuk yang armada truk dari Pos Rambi masih perbaikan. (Ulum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

TPA Pakusari Terbakar, Kobaran Api Belum Padam 14 Jam Lebih

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT