Kamis, 06 Oktober 2022
Peristiwa Daerah

Upaya Pemadaman Api Tak Berhasil, Salat Minta Hujan di TPA Pakusari Akan Dilakukan

profile
Rochul

23 Agustus 2022 22:04

417 dilihat
Upaya Pemadaman Api Tak Berhasil, Salat Minta Hujan di TPA Pakusari Akan Dilakukan
Kondisi Kebakaran Sampah Di Tempat Pembuangan Akhir. (SJP)

JEMBER - Pemadaman api kebakaran di lahan zona empat TPA Pakusari belum membuahkan hasil. Kurang lebih tumpukan sampah setinggi 14 meter di lahan seluas 3000 meter persegi itu belum bisa dipadamkan hingga saat ini. 

Bahkan akibat kebakaran itu, kata Pengawas TPA Jember Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jember Masbud saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Selasa (23/8/2022).

Lahan terbakar meluas ke zona empat. Sehingga luas lahan terbakar saat ini mencapai 2,3 hektare. 

“Kebakaran lahan ini pasti terjadi tiap tahun, terlebih saat musim kemarau. Tapi memang penyebabnya apa masih diselidiki. Selain itu, untuk kebakaran saat ini yang paling besar. Bahkan paling lama sampai tidak bisa dipadamkan. Sudah empat hari,” kata Masbud.

Menurut Masbud, segala upaya pemadaman api sudah dilakukan.

“Karena memang kebakarannya besar. Susah padam. Pemadam sudah maksimal semua,” ucapnya.

“Hari pertama armada dari damkar itu mencapai 4 kendaraan, dan itu bekerja hampir 24 jam. Istirahat satu jam, kembali lagi datang dengan 5 kendaraan lagi. Besok paginya dan hampir 800 Rate air itu tidak mampu, dan bahkan minta bantuan dari pengairan timur (TPA) untuk dihidupkan airnya, kemudian dipompa langsung tidak menggunakan tangki,” jelasnya.

Terkait upaya yang sudah dilakukan, kata Masbud, pihaknya juga akan melakukan upaya lain untuk dapat memadamkan api dari kebakaran tumpukan sampah di TPA Pakusari itu.

“Selain berjalan secara teknik, dengan pemadaman api oleh damkar. Kita juga akan mencari solusi terbaik, kita akan melakukan permohonan kepada yang maha mencipta dan yang maha mengasihi Allah SWT. Kita mengupayakan supaya bisa berdoa agar segera turun hujan,” katanya.

“Dengan jalan Salat Istisqa hari ini, kami laksanakan bada’ Zuhur. Semoga kebakaran api ini bisa padam setelah turun hujan,” sambungnya. (Ulum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Upaya Pemadaman Api Tak Berhasil, Salat Minta Hujan di TPA Pakusari Akan Dilakukan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT