Rabu, 07 Desember 2022
Peristiwa Daerah

Viral Video Dugaan Ilegal Logging di Banyuwangi, Warganet : Makanya Akhir-akhir ini Sering Banjir

profile
Ikhwan

24 Oktober 2022 15:14

584 dilihat
Viral Video Dugaan Ilegal Logging di Banyuwangi, Warganet : Makanya Akhir-akhir ini Sering Banjir
Capture postingan Bwi24jam. (SJP)

BANYUWANGI – Sebuah vidio dugaan ilegal logging diunggah oleh akun Instagram @Bwi24jam. Dalam vidio tersebut nampak area perbukitan yang sudah gundul diduga di Banyuwangi. Dalam vidio itu nampak banyak pohon-pohon yang bertumbangan.

Dalam vidio itu tertulis caption berbahasa jawa, "Yo pantes wes lak ngisor banjir rek (Ya pantas di bawah banjir)," cuit caption dalam postingan, Senin (24/10/2022).

Selanjutnya dalam postingan itu dijelaskan, banyaknya titik banjir yang terjadi di suatu daerah dapat disebabkan minimnya daerah resapan air hujan di atas. 

Hutan di daerah pegunungan yang sewajarnya, menjadi daerah resapan air hujan kini berkurang drastis akibat adanya aktivitas penebangan pohon.

Video itu sontak menjadi perhatian Warganet. Mereka sontak membanjiri kolom komentar dalam postingan tersebut.

Seperti yang disampaikan @bo**_***** yang coba menerka bahwa aktivitas ilegal logging itu adalah pemicu banjir yang akhir-akhir ini melanda Banyuwangi.

"Makanya akhir² ini Banyuwangi banjir, ternyata ini penyebabnya," kata @bomo_*** sembari diberi emoticon sedih.

"Otomatis, emang gitu hukumnya," cuit @iam**** sepakat dengan caption postingan.

Selanjutnya cuit @pet**_** yang berkomentar menyindir. "Opo maneh lak digunduli terus dadi tambang. Puh ya sip tenan," bebernya.

Masih banyak cuitan yang disampaikan oleh warganet. Namun mayoritas mengeluh dengan apa yang terjadi dalam vidio tersebut.

Maklum keresahan warganet bukan tanpa sebab. Akhir-akhir ini Banyuwangi kerab dilanda banjir. Seperti pada Senin 17 Oktober 2022 lalu. Sejumlah kelurahan di wilayah kota Banyuwangi terendam banjir.

Total ada 3.245 jiwa yang terdampak. Dengan rincian 472 KK terendam banjir. Puluhan rumah yang berada di Lingkungan Sutri, Kelurahan Sobo, rusak parah. 

Banjir menyisakan sampah diantaranya potongan kayu dan rumpun bambu. Total butuh 50 truk DLH untuk bisa mengangkuti seluruh material sampah di lokasi banjir. (Ikhwan)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Viral Video Dugaan Ilegal Logging di Banyuwangi, Warganet : Makanya Akhir-akhir ini Sering Banjir

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT