Selasa, 27 September 2022
Peristiwa Daerah

Warga Jangkar Situbondo Gelar Aksi Demo Turun Jalan, Tuntut Ganti Untung Pelebaran Jalan

profile
Sarwo

14 September 2022 21:26

709 dilihat
Warga Jangkar Situbondo Gelar Aksi Demo Turun Jalan, Tuntut Ganti Untung Pelebaran Jalan
Puluhan warga yang tergabung dalam PMJ (Paguyuban Masyarakat Jangkar) saat menyampaikan aspirasinya (Sarwo/SJP)

SITUBONDO – Puluhan warga Desa/Kecamatan Jangkar, Situbondo gelar aksi demo turun ke jalan, tuntut ganti untung dampak pelebaran jalan menuju pelabuhan Jangkar, Situbondo, Rabu (14/9/2022) sore.

Aksi demo yang dilakukan puluhan warga yang tergabung dalam PMJ (Paguyuban Masyarakat Jangkar.

Demonstrasi digelar pada akses Jalan menuju Pelabuhan Jangkar, sekitar pukul 14.30 WIB ini, karena tidak ada kejelasan dari pemerintah, tentang ganti untung rumah dan bangunan masyarakat yang terdampak pelebaran jalan menuju Pelabuhan Jangkar.

“Ada sekitar 220 rumah dan bangunan milik warga yang terdampak pelebaran jalan tersebut, baik itu bangunan rumah, toko, warung dan pagar. Namun, ganti untung atau ganti rugi hingga hari ini, tidak ada kejelasan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo maupun Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” kata H Anggi, Koordinator aksi.

Selain itu, H Anggi juga menuturkan, warga yang terdampak penggusuran tersebut, sebelumnya juga telah mendatangi Komisi III DPRD Situbondo untuk menyampaikan aspirasi.

“Saat itu Komisi III DPRD Situbondo berjanji akan menyampaikan aspirasi warga ke Pemkab Situbondo maupun Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Namun, hingga aksi demo damai ini kami laksanakan, belum juga ada kabar dari Komisi III DPRD Situbondo,”tutur H Anggi.

Karena tidak ada tanggapan terkait keluhan dari masyarakat yang terdampak penggusuran jalan, dirinya bersama masyarakat Desa/Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo melakukan aksi demo damai ini. 

“Kami hanya meminta kejelasan dan ketegasan dari pihak pemerintah apakah ada ganti rugi atau ganti untung kepada masyarakat yang terdampak penggusuran jalan ini,” pungkasnya.

Usai melakukan orasinya, sebanya 5 perwakilan aksi damai masyarakat Desa Jangkar, diiemui oleh Kapolsek Jangkar, Danramil Jangkar dan Camat Jangkar serta pihak terkait lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, pihak Forkopimka Jangkar siap memfasilitasi perwakilan pendemo untuk bertemu dengan Bupati Situbondo.

Selain itu, pengamanan aksi demo juga dibantu oleh anggota TNI AL Pos Kamla Jangkar, Satpol PP dan Syahbandar Jangkar, hingga selesai berjalan tertib, aman dan terkendali. (Sarwo)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Warga Jangkar Situbondo Gelar Aksi Demo Turun Jalan, Tuntut Ganti Untung Pelebaran Jalan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT