Kamis, 09 Februari 2023
Peristiwa Daerah

Wilayah Lain Sudah Surut, 30 Rumah di Lingkungan Wonosari Banyuwangi Masih Terendam Banjir

profile
Ikhwan

18 Oktober 2022 17:11

638 dilihat
Wilayah Lain Sudah Surut, 30 Rumah di Lingkungan Wonosari Banyuwangi Masih Terendam Banjir
30 rumah di Wonosari, Banyuwangi, masih terendam banjir. (SJP)

BANYUWANGI – Puluhan rumah yang terletak di RT/RW 01, Lingkungan Wonosari, Kelurahan Sobo, Kecamatan Banyuwangi masih terendam banjir. 

Di sejumlah titik lokasi banjir sudah mulai surut. Namun Banjir di kawasan tersebut masih cukup tinggi, setinggi paha orang dewasa. 

Kepala Kelurahan Sobo, Yudi Setiawan mengatakan total masih ada 30 rumah yang terendam. Di kawasan membutuhkan waktu lama untuk surut lantaran lokasinya yang rendah dan berada di dekat pantai.

"Ada 30 rumah yang terdiri dari 29 Kepala Keluarga (KK) masih terendam hingga saat ini," beber Lurah Sobo, Yudi Setiawan, saat meninjau lokasi.

Ditengah kepungan banjir warga memilih mengungsi di rumah sanak saudaranya. Namun tak sedikit dari mereka yany juga memilih bertahan.

"Sebagian juga bertahan di rumahnya. Mereka yang bertahan dikarenakan rumahnya sudah ditinggikan, sehingga air tidak sampai masuk ke dalam rumah," kata Yudi.

Aktivitas anak-anak yang seharusnya belajar, juga sempat terganggu. Mereka lebih asyik bermain perahu di depan rumahnya. 

Yudi menyebut, ketinggian air yang merendam permukiman warga masih terbilang cukup tinggi. Meski sudah berangsur surut sejak Senin (17/10/2022) kemarin.

"Awalnya ketinggian air sekitar 70 centimeter atau di atas paha orang dewasa, saat ini masih merendam dengan ketinggian sekitar 50 centimeter setinggi lutut orang dewasa," tukasnya.

Dia menjelaskan, air yang merendam rumah warga di Lingkungan Wonosari diperkirakan akan surut para seminggu kedepan. Lantaran, lokasi permukiman warga tersebut merupakan titik terakhir atau hilir aliran sungai. 

"Lokasi ini (Lingkungan Wonosari red.) memang menjadi langganan banjir setiap hujan turun. Apalagi lokasinya berdekatan dengan pantai," cetusnya.

Yudi menambahkan, jika seluruh rumah warga yang terdampak telah mendapatkan bantuan suplai makanan siap saji dari posko bantuan, sebanyak tiga kali dalam sehari.

"Dalam sehari, mereka mendapatkan suplai makanan hingga tiga kali dalam sehari. Sudah kami berikan makanan berupa nasi bungkus, agar meringankan beban masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Banyuwangi Mujito mengaku akan mendirikan posko bantuan di sekitar lokasi Lingkungan Wonosari. Karena memang adanya sebagian rumah warga yang masih terendam. 

"Kita akan dirikan posko bantuan, jadi masyarakat akan secara langsung mendapatkan bantuan termasuk suplai makanan," terangnya. (Ikhwan)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Wilayah Lain Sudah Surut, 30 Rumah di Lingkungan Wonosari Banyuwangi Masih Terendam Banjir

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT