Kamis, 30 Juni 2022
Peristiwa Nasional

Akhirnya, Sopir Cadangan Bus PO Ardiansyah Ditetapkan Jadi Tersangka

profile
Andy

20 Mei 2022 12:50

449 dilihat
Akhirnya, Sopir Cadangan Bus PO Ardiansyah Ditetapkan Jadi Tersangka
Dirlantas Polda Jatim

MOJOKERTO - Setelah proses penyelidikan, penyidikan hingga gelar perkara, akhirnya Sopir bus Pariwisata PO Ardiansyah, Ade Firmansyah (29) ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kecelakaan maut di Tol Sumo (Tol Surabaya - Mojokerto) SM 712+400 jalur A, Senin (16/5/2022) pagi.

Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim menetapkan Ade Firmansyah sebagai tersangka, lantaran kondisinya yang sudah membaik.

Wadirlantas Polda Jatim AKBP Didit Bambang menyampaikan, kernet bus itu akan dijerat dengan Pasal 310 ayat 4 atau Pasal 311 ayat 5 Undang-Undang 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

"Penetapan Pasal 310 ayat 4 atau Pasal 311 ayat 5 Undang-Undang LLAJ, karena ada unsur kesengajaan yang dilakukan Ade saat mengemudikan bus hingga menabrak tiang papan imbauan (VMS) dan menyebabkan 15 orang meninggal dunia. Sesuai ketentuan, tersangka terancam hukuman lebih dari 5 tahun," ungkap AKBP Didit Bambang.

Menurut Didit, kemarin kondisi driver itu masih belum sehat, dari hasil gelar (perkara), sudah ditingkatkan statusnya dari saksi menjadi tersangka, Kamis (19/5/2022).

Selain ditetapkan tersangka, polisi menemukan adanya bukti baru. Bahwa yang bersangkutan positif menggunakan narkoba.

"Upaya kepolisian dalam hal ini kemarin, telah melakukan upaya melakukan tes urine, tes darah dan hasilnya hari ini sudah diketahui bahwasanya pengendara tersebut juga mengkonsumsi mengkonsumsi narkoba," ujar AKBP Bambang Wibowo.

Namun pihak kepolisian belum mengidentifikasi secara pasti terkait jenis narkotika apa yang digunkan oleh sopir. 

"Tersangka terancam hukuman pidana penjara lebih dari 5 tahun. Pasalnya pihak kepolisian masih mendalami terkait unsur kesengajaan dalam kasus ini," pungkasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Akhirnya, Sopir Cadangan Bus PO Ardiansyah Ditetapkan Jadi Tersangka

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT