Minggu, 22 Mei 2022
Peristiwa Nasional

Bentuk Solidaritas Kesenian Asli Indonesia, Reog Digelar Dijember

profile
Rochul

17 April 2022 14:17

339 dilihat
Bentuk Solidaritas Kesenian Asli Indonesia, Reog Digelar Dijember
Pentas reog di Kabupaten Jember.

JEMBER - Sebanyak 7 paguyuban seni Reog Ponorogo di Jember menggelar pagelaran seni di samping Pendapa Wahyawibawagraha, Jalan Wijaya Kusuma, Kecamatan Patrang, Sabtu (16/4/2022) malam.

Gelaran seni yang digelar sejak pukul 8 malam dan berlangsung hingga pukul 24 dini hari itu, menurut Korlap Aksi Nuh Iswan Zunari sebagai bentuk protes dan mengetuk nurani pemerintah agar segera menegaskan status Reog Ponorogo sebagai kesenian asli Indonesia.

"Saya membawa anak-anak sanggar khususnya wilayah Kabupaten Jember, ini intinya kan selama ini Reog diakui oleh negara tetangga (malaysia). Padahal yang saya tahu, para TKI dulu ke negara Malaysia itu orang Ponorogo membawa reog ke sana," kata Iswan.


"Seperti saya di Sukowono yang notabene orang madura, tapi saya membawa seni reog ke Sukowono dan (gelaran seni yang dilakukan), karena saya kangen Ponorogo. Tidak harus ke Ponorogo untuk mengobati kangen itu untuk bisa main reog," sambung pemilik sanggar seni Reog di Kecamatan Sukowono itu.

Kata Iswan, bentuk klaim yang dilakukan negara Malaysia. Memang diketahuinya berbeda nama.

"Versinya di sana itu lain. Karena itu barongan kan (nama keseniannya). Tapi intinya di dalam tubuh (kesenian) barongan itu sendiri ada dada merak, kepala harimau, seperti itu," ungkapnya.

Sehingga pihaknya sebagai orang Indonesia dan warga Asli Ponorogo. Tidak terima dengan klaim yang dilakukan bangsa dan negara lain.

"Kita tidak terima, karena saya kecil bisa (kesenian Reog) di Ponorogo, kalau Reog memiliki nilai dan kisah dari cerita Batoro Katong, dari cerita Ageng Mirah, dan yang lain-lain Itu ya dari ponorogo. Bukan dari Malaysia," tegasnya menjelaskan.

Dengan adanya pagelaran seni di Jember, lanjutnya, dan di daerah-daerah lain. Kata Iswan sebagai bentuk solidaritas dan penegasan soal kepedulian terhadap kesenian Reog Ponorogo.

"Keinginan seniman Reog, saya mewakili seniman Reog se Indonesia. Sekiranya untuk (seni) Reog segera didaftarkan ke Unesco, supaya gol milik Indonesia. Supaya reog menjadi Budaya asli Indonesia. Ditegaskan dengan bukti-bukti sejarah, dan penjelasan soal asal usul kesenian Reog memang asli Indonesia," terangnya.(Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Bentuk Solidaritas Kesenian Asli Indonesia, Reog Digelar Dijember

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT