Rabu, 17 Agustus 2022
Peristiwa Nasional

Berdalih untuk Bayar SPP dan Beli Seragam, Penjual Sate di Kota Mojokerto Nekat Mencuri

profile
Andy

27 Juli 2022 19:53

481 dilihat
Berdalih untuk Bayar SPP dan Beli Seragam, Penjual Sate di Kota Mojokerto Nekat Mencuri
Konferensi Pers Polres Mojokerto Kota terkait pencurian gril besi penutup pohon. (SJP)

MOJOKERTO - Berdalih untuk membayar Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP), masuk sekolah dasar (SD) hingga membeli seragam, seorang penjual sate berinisial S nekat mencuri gril besi penutup pohon.

Kapolres Mojokerto Kota, AKBP Wiwit Adisatria menyampaikan, terduga pelaku melakukan pencurian satu pasang gril besi penutup pohon dengan cara mencongkel gril tersebut menggunakan kubut  yang diangkat ke atas.

"Selanjutnya, kubut tersebut dibuat ganjal gril besi di pengait, lalu besi tersebut di injak beberapa kali sampai pengaitnya terlepas. Pada saat sudah terlepas gril besi tersebut di diangkat ke sepeda motor dan di bawa pergi ke suatu tempat yang aman. Kemudian, gril besi penutup pohon tersbeut dipukul menggunakan palu sampai berupa kepingan kecil-kecil dan dimasukkan ke sebuah karung, yang selanjutnya dijual di tukang rosokan keliling, dengan nominal sekali jual senilai Rp 250 ribu," ungkap AKBP Wiwit Adisatria, saat konferensi pers di aula Prabu Hayam Wuruk, Polres Mojokerto Kota, Rabu (27/7/2022) siang.

Lebih lanjut, AKBP Wiwit mengatakan, setelah mendapat informasi dari masyarakat bahwa telah terdapat dua orang yang mencurigakan sedang di bawah pohon sambil memegang besi gril di trotoar samping jalan depan hotel Surya Mojopahit, Kota Mojokerto. Maka anggota Satreskrim Polres Mojokerto Kota langsung melakukan pengecekan dan didapati satu orang pelaku berinisial S yang sedang melakukan pencongkelan satu buah gril besi penutup pohon.

"Sedangkan satu terduga pelaku berinisial TS sedang duduk di atas sepeda motor. Setelah di lakukan interogasi, terduga pelaku S mengaku sedang melakukan pencurian terhadap satu buah gril besi penutup pohon menggunakan satu buah kubut bersama terduga pelaku TS yang bertugas sebagai driver," jelas Wiwit.

Kedua terduga pelaku saat mengangkat gril besi penutup pohon

Menurutnya, pada saat dilakukan pemeriksaan badan, pelaku TS di dapati satu buah sejanjata tajam (sajam) jenis parang. Setelah diperiksa lebih lanjut, akhirnya S mengaku telah melakukan pencurian sebanyak 38 kali sendirian dan 4 kali Bersama pelaku TS. 

"Ketika dikonfirmasi, TS pun membenarkan bahwa ia telah melakukan pencurian sebanyak 4 kali bersama S dengan obyek pencurian gril besi penutup pohon, di sepanjang jalan Pahlawan, Kota Mojokerto. Kedua terduga pelaku ini terancam pasal 363 ayat 2 tentan pencurian dengan pemberatan, yang mana ancaman hukumannya maksimal 12 tahun penjara," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum , Penataan Ruang, Perumahan Dan Kawasan Permukiman (PUPR) Kota Mojokerto, Mashudi mengapresiasi kinerja kepolisian yang telah berhasil mengungkap serta menangkap terduga pelaku pencurian gril besi penutup pohon, yang pengadaannya sekitar Rp 150 Juta.

"Terima kasih atas perhatian dan kinerjanya dalam mengungkap serta menangkap terduga pelaku pencurian gril besi penutup pohon. Dimana nilai pengadaannya sebesar Rp 150 Juta," pungkasnya.

Barang bukti dari pelapor / korban dalam hal ini, Kepala Dinas PUPR Kota Mojokerto, Mashudi adalah Mojo adalah 1 bendel mutual check pembangunan saluran dan trotoar jalan Pahlawan tahun anggaran 2016.

Sedangkan barang bukti dari tersangka adalah  1 buah gril besi penutup pohon yang berlogo dan bertuliskan Pemerintah Kota Mojokerto, 1 unit sepeda motor Honda Supra Fit warna Hitam tahun 2006, 1 buah STNK sepeda motor Honda Supra Fit warna Hitam tahun 2006, 1 (satu) buah kubut dengan panjang 50cm; 1 buah parang dengan panjang 60cm dan terakhir, 1 buah martil. (Andy)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Berdalih untuk Bayar SPP dan Beli Seragam, Penjual Sate di Kota Mojokerto Nekat Mencuri

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT