Senin, 28 November 2022
Peristiwa Nasional

Bersama Petani Tebu Mojokerto, Erick Thohir Siap Buka 700 Ribu Hektar

profile
Andy

10 Oktober 2022 22:04

684 dilihat
Bersama Petani Tebu Mojokerto, Erick Thohir Siap Buka 700 Ribu Hektar
Menteri BUMN, Erick Thohir bersama Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati membuka lahan untuk perkebunan tebu

MOJOKERTO - Presiden RI, Ir Joko Widodo tak jadi datang ke Mojokerto, Menteri BUMN Erick Thohir buka acara 'Kick Off Revitalisasi Industri Gula Nasional untuk Ketahanan Pangan dan Energi, Senin (10/10/2022) sore.

Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan salam dari bapak Presiden. Mohon maaf, beliau tidak bisa hadir hari ini, tapi beliau akan kembali memastikan kehadirannya karena ada tugas yang tidak bisa ditinggalkan.

"Walaupun, sebenarnya beliau sudah dalam perjalanan. Tapi tentunya dukungan beliau terhadap pertanian Indonesia ini menjadi bagian penting kepemimpinan belia sebagai kepala negara. Adapun, sejalan dengan prioritas pemerintah yang dipimpin oleh Presiden, bapak Ir Joko Widodo. Beliau selalu menekankan bahwa pembangunan ekosistem," ungkap Erick Thohir.

Lebih lanjut dikatakan Erick Thohir, ketergantungan Indonesia terhadap rantai pasok dunia untuk pangan dan energi harus diatasi bersama-sama. Beliau memimpin langsung waktu itu, pada tanggal 5 Agustus 2021.

"Saya juga yakini, Menteri ESDM ikut rapatnya waktu itu. Dimana dalam rapat intern itu, bapak Presiden mendorong, kita harus ada solusi. Oleh karena itu, kita terus mendorong, bagaimana kita hilirisasi daripada industrisiasi, khususnya gula, kelapa sawit, nikel. Ini sudah bisa menjadi kenyataan, bukan hanya sekadar wacana," tandas Erick.

Menurutnya, dalam transformasi PTPN. Alhamdulilah, sudah berjalan baik. Ini masuk dalam proyek strategis nasional. Artinya, ini merupakan dorongan komitmen negara agar bisa berjalan dengan baik. Tentu, dengan menggabungkan 7 anak PTPN dan 2 cucu perusahaan PTPN menjadi satu perusahaan gula nasional.

"Arahan dari bapak Presiden, bahwa penting dalam situasi dunia seperti ini, kestabilan pangan dan energi harus kita prioritaskan. Karena itu, hari ini kita meluncurkan program bahwa gula harus menjadi swasembada untuk konsumsi. Dimana meningkat dari 2,7 menjadi 4,7 terus ke 5,7 juta ton," harapnya.

Tetapi pihaknya berharap, lanjut Erick, pembukaan 700 ribu hektar ini bukan sendirian tetapi melibatkan petani. Supaya para sahabat petani, yang tadinya income hanya Rp 13 jutaan meningkat jadi Rp 32 juta. Peningkatan ini disebabkan oleh tiga faktor, pertama bibitnya bagus, hasil kesejasama dengan Brazil.

"Lalu, sistemnya tidak hanya buat tebu. Tetapi ada tumpang sari, buat kedelai. Yang paling penting adalah 'off tacker' artinya dibeli oleh pemerintah 100 persen. Bahkan tidak mungkin menjadi turunan untuk energi. Oleh karena itu, bapak Presiden khusus hari ini mendatangkan Menteri ESDM, Arifin Tasrif supaya bisa menjadi turunan bio etanol, campuran untuk BBM," bebernya.

Presiden RI Ir Joko Widodo Tak Jadi Datang, Warga Gedeg Mojokerto Kecewa

Antusias sambut Jokowi, ternyata yang lewat Erick Thohir

Berdasarkan penelusuran jurnalis suarajatimpost.com dari berbagai sumber, Presiden RI Ir Joko Widodo tak jadi datang diduga karena pesawatnya yang seharusnya berangkat dari Solo rusak, sehingga akhirnya kembali ke Jakarta.

Sementara itu, pengamanan yang awalnya sangat ketat dan berlapis-lapis. Ketika ada kabar Presiden tak jadi datang, maka mulai ada kelonggaran, warga pun berbaris untuk menyambut Presiden yang akrab disapa Jokowi ini.

Ketika ada sebuah mobil yang dikawal, warga Gedeg mengira itu Presiden. Ternyata yang melintas adalah Menteri BUMN Erick Thohir, sehingga banyak dari mereka yang kecewa. Namun, warga pun tetap berharap Presiden Jokowi melintas, dengan menunggunya hingga pukul 17.00 WIB.

Editor : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Bersama Petani Tebu Mojokerto, Erick Thohir Siap Buka 700 Ribu Hektar

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT