Jumat, 03 Februari 2023
Peristiwa Nasional

Brimob Pajang Baracuda Lakukan Gladi Bersih PAM Sidang Tragedi Kanjuruhan 16 Januari 2023

profile
jefri

13 Januari 2023 15:48

385 dilihat
Brimob Pajang Baracuda Lakukan Gladi Bersih PAM Sidang Tragedi Kanjuruhan 16 Januari 2023

SURABAYA Simulasi kegiatan pengamanan gelar sidang perdana tragedi Kanjuruhan, tepat di ruang Cakra PN Surabaya (16/01/2023) dilakukan sejumlah anggota jajaran kepolisian setempat.

Terpampang mobil Baracuda Satuan Brimob, turut juga didaratkan berjajar dengan kendaraan Sabhara dan mobil Unit K-9 guna mengamankan situasi dan kondisi lapangan di depan Pengadilan Negeri Surabaya, Jumat (13/01/2023).

AKBP Toni Kasmiri, Kabag OPS Polrestabes Surabaya mengatakan sudah menjadi perintah dalam SOP kegiatan simulasi ini diadakan untuk cegah dan antisipasi keamanan, ketertiban dan suasana jalannya persidangan tetap kondusif sesuai proses hukum berlaku.

"Ada sekitar 140 personil setiap persidangan dari 800 jumlah anggota terdiri dari Sat.Sabhara, Satuan Brimob, Samapta dan Satuan Bhinmas juga intelijen," katanya.

Tidak luput, pengamanan juga melibatkan TNI-POLRI jajaran Polrestabes Surabaya Kepolisian Daerah Jawa Timur.

Pasukan akan terbagi 3 ring diantaranya,area halaman depan sisi kanan dan kiri. Dan area ruang sidang berlangsung," jelasnya.

Toni menambahkan, karena sudah perintah MA (Mahkamah Agung) dan Kapolri ditunjuk langsung dipercayakan PN Surabaya untuk proses hukum persidangan tragedi Kanjuruhan.

"Otomatis, Polda jajaran, Polres dan Polsek wilayah diminta untuk melakukan simulasi, termasuk jalur escape pengamanan jalur hakim, saksi yang menuju ruang sidang," jelasnya.

Sementara, Humas PN Surabaya Suparno menjelaskan untuk jalannya persidangan perkara tragedi Kanjuruhan, sebelumnya memang sudah ada koordinasi dalam hal keamanan dan ketertiban. Agar sidang tetap berjalan aman dan terkendali tanpa ada hal lain yang tidak diinginkan.

"Majelis Hakim ditunjuk adalah Abu Achmad Sidqi Amsya, SH, Mangapul SH. MH dan I Ketut Kimiarsa, SH. MH. Sidang berlangsung pukul 10.00 wib di ruang Cakra PN Surabaya," terangnya.

untuk diketahui, kasus pengusutan Tragedi Stadion Kanjuruhan yang menewaskan 135 korban jiwa memasuki babak baru.

Berikut, kelima nama terdakwa adalah AKP Hasdarmawan (Danki 3 Brimob Polda Jatim), Kompol Wahyu Setyo Pranoto (Kabag Ops Polres Malang), AKP Bambang Sidik Achmadi (Kasat Samapta Polres Malang), Abdul Haris (Ketua Panpel Arema FC), Suko Sutrisno (Security Officer).

"Dari pelimpahan berkas P21 pihak kepolisian Polda Jatim, kelimanya disangkakan dengan pasal 359 dan 360 KUHP tentang kelalaian yang mengakibatkan korban luka dan korban jiwa," sebutnya.

Sementara tersangka yang terlibat dari Panpel (panitia pelaksana) dikenakan pasal 103 UU No 11 tahun 2022 junto pasal 359 dan 360 KUHP.

Untuk saksi nantinya, lanjut Parno total ada sekitar 140 saksi dengan rencana sidang digelar seminggu 3 kali secara estafet.(Jefri Yulianto)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Brimob Pajang Baracuda Lakukan Gladi Bersih PAM Sidang Tragedi Kanjuruhan 16 Januari 2023

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT