Kamis, 30 Juni 2022
Peristiwa Nasional

Demi Aliri Ribuan Hektar Tanaman, PU Bina Marga Sumber Daya Air Lakukan Glontor Walet

profile
Rochul

17 Mei 2022 15:57

435 dilihat
Demi Aliri Ribuan Hektar Tanaman, PU Bina Marga Sumber Daya Air Lakukan Glontor Walet
PU Bina Marga Sumber Daya Air Wilayah Kecamatan Kencong dan SDA Provinsi Bersama Hippa Serta Masyarakat saat Bersihkan Ratusan Ton Sampah di DAM Krangkengan Kecamatan Kencong.

JEMBER - PU Bina Marga Sumber Daya air Kecamatan Kencong bersama PU Bina Marga provinsi dan Hippa serta juga masyarakat gelar Glontor Walet DAM krangkengan di aliran sungai kali tanggul. Selasa, (17/5/2022).

Sebanyak 65 orang dikerahkan untuk membersihkan lumpur atau bambu yang menyangkut di bendungan selebar 15 meter tersebut.

Pihak PU sendiri melakukan kegiatan ini dimulai pada hari Selasa hingga Jum'at, lantaran kondisi debit air sungai kondisinya sedang surut, dan hal tersebut adalah moment dimana pembersihan ratusan ton sampah bambu dan juga lumpur yang berada di kawasan bendungan.

Karena selain pengerjaan tersebut harus dikebut dan dilakukan, karena kondisi aliran sungai ini di tunggu oleh para petani yang secara langsung mengairi aliran sawah di 4 kecamatan yaitu kencong, Jombang, Gumukmas dan juga Puger dengan total lahan tanam 7.230 ribu hektar lahan.

Umar Basyar, kepala PU Bina Marga sumber daya air kecamatan kencong, saat dilokasi glontor walet mengatakan, jika pekerjaan ini dilakukan harus cepat, karena kondisi cuaca terkadang berubah ubah takut hujan tiba tiba turun.

"Untuk glontor walet kita libatkan 65 orang dari unsur sumberdaya air kabupaten maupun provinsi, dan juga unsur hippa dan dibantu masyarakat, dan itu dilakukan selama 4 hari, pada selasa hingga Jum'at," Kata Umar Basar.

Selain itu, kepala SDA kencong tersebut juga mengungkapkan, jika kondisi di bendungan DAM krangkengan ada ratusan ton sampah yang tersangkut yaitu jenis bambu, dan sampah serta lumpur pekat dan jika itu tidak segera dibersihkan berdampak pada luberan atau bisa terjadi menyusutnya pasokan air bagi petani di 4 kecamatan.

"Kami segara bersihkan, karena ini jika dibiarkan bisa berdampak kurang bagus, karena buat pengairan lahan sawah milik warga di 4 kecamatan sebanyak 7 ribu hektar lebih," terang Umar.

Terlihat dilokasi pembersihan, memang banyak sampah di monopoli oleh bambu yang di sinyalir terbawa aliran sungai dari atas gunung Argopuro yang berada di hulu. (Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Demi Aliri Ribuan Hektar Tanaman, PU Bina Marga Sumber Daya Air Lakukan Glontor Walet

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT