Kamis, 11 Agustus 2022
Peristiwa Nasional

Demi Perbaikan Infrastruktur, Kelompok Nelayan Puger Berharap Menteri KKP Kucurkan Dana

profile
Rochul

02 Agustus 2022 22:46

449 dilihat
Demi Perbaikan Infrastruktur, Kelompok Nelayan Puger Berharap Menteri KKP Kucurkan Dana
Assosiasi Nelayan Sinar Terang Bulan Kecamatan Puger Jember. (SJP)

JEMBER – Pasca terjadinya insiden kecelakaan laut yang terjadi terus menerus dan membuat banyak nelayan kehilangan nyawa di pelawangan pintu masuk pantai Puger yang berada di Desa Puger Kulon Kecamatan puger kemarin membuat asosiasi nelayan angkat bicara.

Kelompok asosiasi sinar terang Bulan berharap Kementrian kelautan dan perikanan,(KKP) segera turun ke lokasi kecamatan Puger guna melihat langsung apa yang dibutuhkan nelayan.

Selain agar tidak menambah daftar korban jiwa laka laut juga perbaikan infrastruktur diharapkan segera diperbaiki karena kecamatan Puger terutama nelayan Puger adalah salah satu penyumbang perekonomian jenis perikanan yang sangat besar di Indonesia.

"Kami berharap pihak kementrian perikanan dan kelautan segera turun ke Puger dan jika sudah ada dana demi perbaikan infrastruktur mohon segera dilakukan demi nelayan Puger agar lebih baik, karena sementara ini kami juga butuh tempat pelelangan dan pasar ikan yang baik dan luas serta tempat penyimpanan ikan atau Cold Storage yang dikelola dengan jelas oleh pemerintah," Kata Mohamad Jufri salah satu Penasehat Kelompok Asosiasi Sinar Terang bulan puger, Selasa,(2/8/2022).

Tidak hanya itu saja, Mohamad Jupri juga berharap agar Normalisasi Sungai Brantas yang mengalir ke laut juga segera ada program normalisasi, karena sampai saat ini pendangkalan itu salah satu penyebab perahu nelayan tidak bisa sandar di dermaga yang semestinya.

"Normalisasi sungai sangat kami tunggu, dan perbaikan dermaga dan Spel juga diperpanjang agar perahu sandar juga nyaman, karena itu salah satu akses keluar masuk perahu yang saat ini kondisinya bisa terlihat tidak baik baik saja," imbuh Jupri.

Selain itu, dirinya juga berharap jika memang dana dari kementrian sudah turun mohon segera dilakukan perbaikan infrastruktur di wilayah Puger, karena hampir 90 persen warga pesisir Puger bekerja sebagai nelayan, dan untuk normalisasi itu sangat penting jika sungai sudah dalam itu bisa mengurangi angka kecelakaan juga.

"Jika memang kementerian perikanan dan kelautan sudah ada dana buat perbaikan infrastruktur kami mohon segera dilaksanakan, karena memang Puger butuh segera dirubah untuk akses perikanan agar perekonomian jadi lebih baik," pungkas Jupri.

Perlu diketahui untuk saat ini berdasarkan data produksi perikanan laut Jember pada tahun 2020 sebanyak 9.977 ton dengan nilai mencapai Rp130,442 miliar. Komoditas utamanya berupa ikan lemuru, layang, tongkol, layur, dan cakalang. Nelayan penangkapnya sebagian besar merupakan nelayan tradisional.(Lum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Demi Perbaikan Infrastruktur, Kelompok Nelayan Puger Berharap Menteri KKP Kucurkan Dana

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT