Minggu, 22 Mei 2022
Peristiwa Nasional

Empat Orang Ngaku Polisi Diamanankan Polres Mojokerto, Begini Penjelasan Kasat Reskrim

profile
Andy

09 Mei 2022 17:36

335 dilihat
Empat Orang Ngaku Polisi Diamanankan Polres Mojokerto, Begini Penjelasan Kasat Reskrim
Kasat Reskrim Polres Mojokerto AKP Gondam saat dikonfirmasi masyarakat. (Andy/SJP)

MOJOKERTO - Empat orang yang mengaku anggota Polda Jatim berhasil diamankan Sat Reskrim Polres Mojokerto.

Kasat Reskrim Polres Mojokerto AKP Gondam menyampaikan, pihaknya sudah mengamankan empat orang berinisial SH, RV, VA sama IN yang mengaku sebagai polisi untuk melakukan tindakan pemerasan.

"Setelah kita melakukan penyidikan lebih lanjut, ternyata bukan satu tempat kejadian perkara (TKP) tapi sudah tujuh TKP. Modus operandinya adalah menakut-nakuti kalau tidak memberikan sejumlah uang, maka akan dibawa Polda," jelas AKP Gondam.

Lebih lanjut dikatakannya, total uang yang berhasil didapatkan dari enam TKP tersebut sekitar Rp100 juta. Ada yang Rp50 juta, Rp25 juta, Rp20 juta dan Rp3 juta.

"Mereka itu seperti jaringan, masing-masing mempunyai perannya sendiri. Ada yang mengemudikan kendaraan, ada yang berkomunikasi dengan korban hingga ada yang berperan sebagai informan. Bertugas memberikan informasi terkait orang yang dapat ditakut-takuti atau diperas," ungkapnya.

Menurut AKP Gondam, dalam perkembangannya, proses penyidikan ada lima orang yang masih dalam pengejaran oleh tim Resmob dan Opsnal Pidum sampai saat ini.

"Korban dibawa masuk ke dalam mobil, di dalam mobil inilah dilakukan komunikasi, namun karena ponselnya tertinggal maka pulang lagi. Terbanyak kejadiannya di sekitaran Desa Balongwono, Kecamatan Trowulan," ujarnya.

"Kami kenakan pasal 378 dan 368 dan kami mengimbau masyarakat agar jangan mudah percaya orang yang mengaku anggota polisi. Setiap petugas yang melakukan penangkapan tentunya dilengkapi oleh surat tugas," pungkasnya.

Sebelumnya, Video pengakuan komplotan penipu di Mojokerto beredar luas dan menjadi viral di media sosial (medsos). Dalam video tersebut, salah satu pelaku mengaku sudah berkali-kali melancarkan aksi pemerasan.Salah satu orang yang ngaku polisi dipukuli warga, nampak babak belur

Video tersebut diunggah pemilik akun Facebook @Mahardika Nanda Wahyu Aji pada Minggu (8/4) siang. Dalam video tersebut, salah satu pelaku yang mengenakan baju warna hijau terlihat babak belur usai dihadiahi bogem mentah warga.

Pelaku juga nampak terus memegangi kepalanya lantaran sejumlah warga yang terus mengujamkan pukulan ke wajahnya sembari menginterogasi pelaku. Warga menanyakan sudah berapa kali pelaku melakukan aksi pemerasan di Desa Balongwono, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

"Tiga pak, (siapa saja) lupa saya pak. Sabarudin, iya Bahtiar, terus tiga ini pak (Bambang)," kata salah seorang pelaku menjawab pertanyaan warga yang menginterogasinya dikutip dari Suara.com, Minggu (8/5/2022).

Tags
Anda Sedang Membaca:

Empat Orang Ngaku Polisi Diamanankan Polres Mojokerto, Begini Penjelasan Kasat Reskrim

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT