Kamis, 06 Oktober 2022
Peristiwa Nasional

Gubernur Jatim Khofifah Ungkap Penyebab Teror di Desa Mulyorejo, Mediasi di Lakukan 2 Kabupaten

profile
Rochul

08 Agustus 2022 21:30

351 dilihat
Gubernur Jatim Khofifah Ungkap Penyebab Teror di Desa Mulyorejo, Mediasi di Lakukan 2 Kabupaten
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat Mediasi Konflik warga Jember- Banyuwangi di aula pemkab Jember.

JEMBER - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa melakukan mediasi terkait konflik antara warga Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Jember, dengan masyarakat Desa Banyuanyar, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi yang terjadi beberapa hari lalu.

Gubernur Khofifah akhirnya ambil sikap dan l melakukan rapat koordinasi, dengan Pemkab Jember dan Pemkab Banyuwangi, di Aula Lantai dua Pendapa Wahyawibawagraha, Jember, Senin (8/8/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur Mengungkapkan, jika akar masalah dari adanya kasus teror yang dialami warga Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Jember. Bermula dari persoalan kepemilikan kebun kopi, yang saat ini dikelola oleh dua warga dari Jember dan Banyuwangi itu.

“Sehingga sekarang ada Kepala Perhutani Jember Pak Imam Suyuti. Akan segera tarik data, dan tarik peta. Apakah lahan itu masuk pada kategori perhutanan sosial atau milik perhutani," kata gubernur.

Selanjutnya jika lahan tanah yang berkonflik itu dapat dikategorikan kawasan Perhutanan Sosial, Khofifah mengatakan, pihaknya memiliki solusi atas persoalan konflik yang terjadi.

“Kalau itu bisa. Maka tahun ini Jawa Timur mendapatkan 500 ribu hektare lahan perhutani, untuk bisa dijadikan perhutanan sosial. Nah jika bisa masuk pada kategori perhutanan sosial. Maka kepemilikan atas lahan sekarang, bisa menjadi lahan kebun kopi yang bisa di fix kan dikelola warga,” katanya.

Dengan adanya solusi itu, lanjut Khofifah, menjadi sedikit harapan. Agar adanya konflik antar warga Banyuwangi dengan Jember itu, bisa dicarikan penyelesaian yang baik.

“Bahkan saya pun juga berkeliling ke berbagai daerah (Jawa Timur), membagi sertifikat perhutanan sosial. Jadi ini akar masalah yang mendasar antara Warga Mulyorejo, Silo, Jember dan Banyuanyar, Kalibaru, Banyuwangi. Sehingga agar sama-sama bisa clear fix, lahan di atas legalitas penggunaan sertifikat HGU atau hak-hak kepemilikan lain harus clear. Maka pak bupati mengundang Pak Imam Suyuti, kepala perhutani Jember ini agar menjadi solusi penting,” sambungnya.

Menanggapi saran yang disampaikan Gubernur Khofifah itu, Kepala Perhutani Jember Imam Suyuti yang ikut hadi dalam rapat enggan untuk dikonfirmasi.

“Maaf nanti saja, acara mediasi belum selesai,” ucapnya singkat.(Lum)

Editor : Syahrul 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Gubernur Jatim Khofifah Ungkap Penyebab Teror di Desa Mulyorejo, Mediasi di Lakukan 2 Kabupaten

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT